Azbawi, Rigita Wijayanti (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA CLASSROOM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI EKSPONEN DI KELAS X MAN 1 KERINCI. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
regita skripsi.pdf Download (4MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (4MB) |
|
Text
Artikel.pdf Download (4MB) |
|
Text
cover.pdf Download (21kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (150kB) |
|
Text
Bab 5.pdf Download (10kB) |
|
Text
Dapus.pdf Download (17kB) |
|
Text
pengesahan.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Azbawi, Rigita Wijayanti. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Aplikasi Geogebra Classroom Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Eksponen Di Kelas X MAN 1 Kerinci: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Sofnidar, M.Si., (II) Khairul Anwar, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Pemahaman konsep, Flipped Classroom, Geogebra Classroom Pembelajaran merupakan proses mengembangkan daya nalar, keterampilan, dan moral hidup dari potensi seluruh manusia. Dalam proses pembelajaran, terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah kemampuan pemahaman konsep matematis. Pada kenyataannya yang diterjadi dilapangan pemahaman konsep matematis siswa masih belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan belum memenuhi indikator dari kemampuan pemahaman konsep matematis. Rendahnya pemahaman konsep siswa disebabkan karena model dan media pembelajaran yang kurang mendukung, serta siswa seringkali masih belajar dengan teknik menghafal, tanpa membentuk pengertian terhadap materi yang dipelajari akan menyebabkan rendahnya aktivitas siswa dalam belajar untuk menemukan sendiri konsep materi sehingga akan lebih cepat lupa. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pada penerapan Model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan aplikasi Geogebra Classroom terhadap Pemahaman Konsep Matematis siswa pada materi Eksponen di kelas X MAN 1 Kerinci. Penelitian ini menggunakan model penelitian kuantitatif, dengan metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X3 dan X4 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kerinci. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan Pemahaman Konsep Matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan aplikasi Geogebra Classroom menunjukkan hasil bahwa t_(hitung>) t_tabel yaitu 2.134035>2.004879, maka dari itu H0 ditolak dan H1 diterima pada taraf kepercayaan 95%. Hal ini berarti tingkat keyakinan untuk menolak H0 dan mendukung hipotesis H1 dengan benar adalah 95%. Jadi dapat disimpulkan rataan kedua sampel berbeda, karena rataan kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada rataan kelompok kontrol, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang di ajarkan dengan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan aplikasi Geogebra Classroom berpengaruh signifikan dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman konsep, Flipped Classroom, Geogebra Classroom |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Azbawi |
Date Deposited: | 08 Dec 2023 04:00 |
Last Modified: | 08 Dec 2023 04:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58369 |
Actions (login required)
View Item |