Ningsih, Fitri (2023) lMPLEMENTASI PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KEPENDUDUKAN DI KANTOR KEPALA DESA BARU SEMERAH KECAMATAN TANAH COGOK KABUPATEN KERINCI. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
Cover.pdf Download (16kB) |
|
Text
ABSTRAK..pdf Download (206kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (575kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (648kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (204kB) |
|
Text
SKRIPSI FUL.pdf Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf Download (308kB) |
Abstract
Pelayanan merupakan tugas utama yang hakiki dari sosok aparatur sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi dan peran pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan kependudukan di Desa Baru Semerah kecamatan tanah cogok kabupaten kerinci. berdasarkan indikator komunikasi, sumber daya, sikap atau disposisi, struktur birokrasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, untuk memberikan gambaran mengenai sistem informasi administrasi kependudukan. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan keabsahan data menggunakan trigulasi data. Hasil penelitian menunjukkan Implementasi pemerintah desa dalam melaksanakan pelayanan kependudukan tidak sesuai dengan aturan prosedur yang berlaku dikarenakan terdapat masyarakat yang kurang memahami prosedur atau langkah-langkah dalam melakukan administrasi kependudukan, pemerintah desa kurang memberikan informasi dan komunikasi terhadap masyarakat, sehingga masyarakat kurang memahami prosedur yang diterapkan oleh pemerintah Desa. Peran pemerintah Desa Baru Semerah dalam meningkatkan kualitas pelayanan kependudukan dalam melaksanakan tugas masih belum efektif dan juga masih adanya perbedaan sikap terhadap masyarakat yang sedang melakukan pengurusan administrasi kependudukan sehingga tidak sesuai dengan prinsip yang diterapkan oleh pemerintah. Hal ini dapat lihat dari belum efektif nya dalam pelayanan administrasi, komunikasi, attitude, kurang nya kualitas sumber daya seperti fasilitas-fasilitas yang ada di desa, sehingga kurang optimal nya pemerintah desa dalam melaksanakan tugas. Kata Kunci: Implementasi Kualitas Pelayanan kependudukan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kualitas Pelayanan kependudukan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | NINGSIH |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 06:51 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 06:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58377 |
Actions (login required)
View Item |