Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Sinaga, Marlina (2023) Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK_MARLINA SINAGA.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I_MARLINA SINAGA.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB V-MARLINA SINAGA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Cover-MARLINA SINAGA.pdf

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-MARLINA SINAGA.pdf

Download (192kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN-MARLINA SINAGA.pdf

Download (397kB)
[img] Text
SKRIPSI-MARLINA SINAGA-A1D119161.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching, dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching di kelas VB SDN 221/IV Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data mengenai proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dan keterampilan berbicara peserta didik yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data observasi, wawancara tidak terstruktur, dan unjuk kerja. Data dianalisis secara kualitatif dan secara kuantitatif untuk mengukur perubahan yang terjadi terhadap keterampilan berbicara peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching mampu meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik dalam pembelajaran mulai dari siklus 1 pertemuan pertama mendapatkan hasil dengan nilai rata-rata 2,5 dan pada pertemuan kedua mencapai 2,51. Pada siklus II pertemuan pertama mendapatkan hasil dengan nilai 2,56 dan pada pertemuan kedua memperoleh keberhasilan dan peningkatan mencapai nilai rata-rata 2,85. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih luwes untuk menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dalam proses pembelajaran. Guru lebih membiasakan untuk memberikan apresiasi dan memberikan kesempatan pada semua peserta didik secara bergantian untuk terlibat dalam proses pembelajaran agar semua peserta didik percaya diri, semakin terbiasa, dan semakin terampil dalam menunjukkan kemampuannya. Selain itu, guru sebagai pemegang peran dalam proses pembelajaran diharapkan dapat lebih aktif dalam mengelola dan mengondisikan lingkungan kelas agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif tanpa adanya gangguan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, model pembelajaran Quantum Teaching
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: SINAGA
Date Deposited: 08 Dec 2023 02:57
Last Modified: 08 Dec 2023 02:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58389

Actions (login required)

View Item View Item