EFEKTIVITAS TEKNIK MODELING SIMBOLIK PADA LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMPN 17 KOTA JAMBI

Aditia, Purnomo (2023) EFEKTIVITAS TEKNIK MODELING SIMBOLIK PADA LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMPN 17 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRACK.pdf

Download (52kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (101kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (171kB)
[img] Text
DAFPUS.pdf

Download (180kB)
[img] Text
SKRIPSI SIMBOLIK ADITIA.P.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[img] Text
pengesahan_dan_persetujuan.pdf

Download (672kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kondisi siswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah. Hal ini ditunjukkan dengan adanya temuan sikap seperti takut untuk tampil di kelas, tidak berani berpendapat, tidak berani membela diri walaupun tidak bersalah, mudah cemas, ketergantungan dengan teman, dan mudah putus asa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan Teknik modeling simbolik pada layanan informasi untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Dalam penelitian ini di batasi agar peneliti fokus dengan apa yang di teliti yaitu tingkat kepercayaan diri siswa kelas VIII B dengan Teknik modeling simbolik dalam layanan informasi. Hal ini sejalan dengan teori belajar sosial Albert Bandura yang mengatakan bahwa sebagian besar tingkah laku manusia dipelajari memalui peniruan maupun penyajian, contoh tingkah laku (Modeling). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 17 Kota Jambi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 70 orang siswa dan di bagi menjadi dua kelas yang diambil dengan teknik purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design, bentuk desain Quasi Eksperimen yang dipilih adalah Nonequivalent Kontrol Group Design. Instrumen atau alat pengumpulan data yang digunakan angket (kuesioner) kepercayaan diri dengan skala Guttman. Data dianalisis menggunakan perhitungan persentase formula C, uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sampel t-test dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepercayaan diri siswa mengalami peningkatan setelah diberikan treatment yang mana terlihat dari hasil posttest yaitu berada pada kategori sedang dengan hasil rata-rata 21, dan persentase 68,7% (eksperimen), yang mana sebelum diberikan treatment kelas eksperimen mendapat hasil rata rata 12 dan persentase 40,6% dengan kategori rendah. Hasil penelitian juga menunjukkan hasil hipotesis diketahui Thitung yaitu sebesar 2,580. Adapun nilai dari Ttabel dengan nilai Sig. (2- tailed) 0,05 yaitu sebesar 2,034. Dapat dihitung bahwa Thitung>Ttabel sehingga hipotesis dinyatakan diterima atau terdapat pengaruh layanan informasi dengan Teknik modeling simbolik untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. This research is motivated by the condition of students who have low levels of self-confidence. This is shown by the findings of attitudes such as being afraid to appear in class, not daring to have an opinion, not daring to defend yourself even though you are innocent, easily anxious, dependent on friends, and easily given up. This research aims to see the effectiveness of symbolic modeling techniques in information services to increase students' self-confidence. In this research, researchers are limited to focusing on what is being studied, namely the level of self-confidence of class VIII B students using symbolic modeling techniques in information services. This is in line with Albert Bandura's social learning theory which states that most human behavior is learned through imitation or presentation, examples of behavior (Modeling). The population in this study were all class VIII students of SMP N 17 Jambi City. The sample used in this research was 70 students and was divided into two classes taken using purposive sampling technique. This type of research is quantitative research with an experimental approach and the design used is Quasi Experimental Design, the form of Quasi Experimental design chosen is Nonequivalent Control Group Design. The instrument or data collection tool used was a self-confidence questionnaire with the Guttman scale. Data were analyzed using the percentage calculation formula C, normality test, homogeneity test, paired sample t-test and t test. The results of the research show that the level of student self-confidence has increased after being given treatment, which can be seen from the posttest results, namely being in the medium category with an average result of 21, and a percentage of 68.7% (experiment), which before being given treatment, the experimental class got average results. an average of 12 and a percentage of 40.6% in the low category. The research results also show that the known hypothesis result is Tcount, which is 2.580. The value of Ttable with Sig value. (2-tailed) 0.05, which is 2.034. It can be calculated that Tcount>Ttable so that the hypothesis is declared accepted or there is an influence of information services with symbolic modeling techniques to increase students' self-confidence.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keperayaan Diri, Layanan Informasi, Modeling Simbolik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: PURNOMO
Date Deposited: 11 Dec 2023 02:59
Last Modified: 10 Jul 2024 09:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58437

Actions (login required)

View Item View Item