Masita, Ella and Yanto, Yanto (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DALAM MATA KULIAH LITERACY MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT - BASED LEARNING). Project Report. UNIVERSITAS JAMBI. (Unpublished)
Text
20230520223052-1821-ARTIKEL-2023-1833-ELLA MASITA-pdf.pdf Download (210kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam mata kuliah Literacy melalui pembelajaran berbasis proyek (project- based learning). Melalui penelitian ini diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan mereka sebagai calon guru dalam mengidentifikasi permasalahan yang sedang dihadapi peserta didik sebagai pemakai aktif dunia digital melalui studi lapangan, termasuk akar permasalahan dan penyebab terjadi permasalahan tersebut. Selanjutnya, dilakukan perumusan langkah dan strategi yang mungkin dilakukan oleh guru untuk membantu peserta didik dalam mengatasi permasalahan tersebut. Melalui indentifikasi masalah dan perumusan strategi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, mahasiswa dalam kelas Literacy diharapkan dapat mendesain suatu skema pengelolaan pembelajaran khususnya dalam peningkatan kemampuan kemampuan literasi siswa dalam rangka mengoptimalkan dampak positifdan meminimalkan dampak negatif dari dunia digital terhadap peserta didik. Peneliti berharap hasil penelitian ini akan memberi manfaat bagi mahasiswa, dosenpendidik, pembuat kurikulum, dan pengambil kebijakan (policy maker) baik di ruang lingkup UNJA maupun institusi pendidikan tinggi lain di Indonesia seperti: meningkatkan tingkat partisipasi mahasiswa untuk dapat berperan aktif dalam mengikuti pembelajaran perkuliahan Literacy, mahasiswa sebagai calon guru dapat mengembangkan kemampuan dalammenganalisa permasalahan dan merumuskan skema alternatif dan strategipemecahan masalah, khususnya dibidang pemakaian dunia digital bagi remaja, dosen akan dapat mengembangkan rancangan pembelajaran mata kuliah Literacy yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas, dan sebagai masukan kepada penyusun kurikulum dan pengambil kebijakan insititusi tentang dunia digital dan dampaknya bagi pemakai sehingga hal ini bisa mendapatkan perhatian yang lebih dalam perancangan kurikulum danpengambilan kebijakan dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan tinggi.
Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Masita |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 03:13 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 03:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58471 |
Actions (login required)
View Item |