PENGARUH PERSEPSI TENTANG PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU EKONOMI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2019-2020 FKIP UNIVERSITAS JAMBI

Evi, Rusi Apriyani (2023) PENGARUH PERSEPSI TENTANG PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU EKONOMI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2019-2020 FKIP UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (305kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (383kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)
[img] Text
SKRIPSI A1A119018 EVI RUSI APRIYANI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
HAL. PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf

Download (395kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi tentang profesi guru terhadap minat menjadi guru ekonomi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019-2020 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. 2) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru ekonomi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019-2020 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. 3) Pengaruh persepsi tentang profesi guru dan lingkungan keluarga keluarga terhadap minat menjadi guru ekonomi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan2019-2020 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019-2020 sebanyak 174 orang, teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu simple random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 121 orang. Hasil penelitian ini menunjukan 1) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan persepsi tentang profesi guru terhadap minat menjadi guru ekonomi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019-2020 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi dengan nilai thitung > ttabel yaitu 10,067 > 1,98027 dengan nilai signifikansi < nilai probabilitas yaitu 0,000<0,05. 2) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru ekonomi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019-2020 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi dengan nilai thitung > ttabel yaitu 10,945 > 1,98027 dengan nilai signifikansi < nilai probabilitas yaitu 0,000<0,05. 3) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan persepsi tentang profesi guru dan lingkungan keluarga keluarga terhadap minat menjadi guru ekonomi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019-2020 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Berdasarkan uji F diperoleh nilai fhitung > ftabel yaitu 92,881 > 3,07 dengan nilai signifikansi < dari nilai probabilitas yaitu 0,000<0,05. Kesimpulan penelitian ini yaitu dengan adanya persepsi yang positif tentang profesi guru akan dapat menimbulkan minat dari diri mahasiwa untuk menjadi guru ekonomi, selain itu lebih baik pula di dukung oleh peran lingkungan keluarga dengan adanya perhatian dan dukungan orang tua maka minat mahasiswa menjadi guru dapat meningkat dan bersemangat untuk bisa menjadi guru ekonomi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perceptions of the Teaching Profession, Family Environment, Interest in Becoming an Economics Teacher
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: APRIYANI
Date Deposited: 11 Dec 2023 07:59
Last Modified: 11 Dec 2023 07:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58571

Actions (login required)

View Item View Item