ANALISIS KUALIFIKASI AKADEMIK GURU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN UNTUK MEWUJUDKAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL

Adnin, Nur (2023) ANALISIS KUALIFIKASI AKADEMIK GURU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN UNTUK MEWUJUDKAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL. S1 thesis, HUKUM TATA NEGARA.

[img] Text
Skripsi Nur Adnin.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Screenshot 11-12-2023 14.45.pdf

Download (36kB)
[img] Text
pengesahan adnin.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak Nur Adnin.pdf

Download (181kB)
[img] Text
Bab I Nur Adnin.pdf

Download (442kB)
[img] Text
Bab IV Nur Adnin.pdf

Download (181kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Nur Adnin.pdf

Download (119kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kualifikasi akademik guru yang berdasarkan Undang-undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Adapun rumusan masalah yang ada dalam penelitian ini yaitu : 1). Bagaimana pengaturan kualifikasi akademik guru yang dimaksud dalam Undang-undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen ? 2). Bagaimana implikasi hukum terhadap guru yang tidak memiliki kualifikasi akademik guru ?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu bersifat yuridis normatif dengan memperoleh hasil penelitian melalui studi kepustakaan, perundang-undangan, dan referensi lainnya yang berkaitan dengan topik pembahasan. Pendekatan peneelitian yang digunakan adalah pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Di dalam UU No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen menegaskan Guru wajib memiliki kualifikasi akademik sebagai seorang guru. Kebijakan UU No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen merupakan hal yang penting dan krusial untuk menentukan peraturan maupun sanksi bagi para pendidik/guru yang mana keberhasilan suaatu bangsa sangat ditentukan oleh aspek pendidik (Guru dan Dosen). Implementasi UU No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen merpukan kewajiban dan perhatian peneuh pemerintah pusat/daerah sebagai implementator dan masyarakat serta para pihak yang berkepntingan sebagai sasaran kebijakan untuk mewujudkannya. Kata Kunci : Kualifikasi akademik, guru, implikasi hukum ABSTRACT This research aims to determine and analyze teacher academic qualifications based on Law Number 14 of 2005 concerning Teachers and Lecturers. The problem formulation in this research is: 1). How are teacher academic qualifications regulated in Law Number 14 of 2005 concerning Teachers and Lecturers? 2). What are the legal implications for teachers who do nothave academic teacher qualifications? The method used in this research is normative juridical by obtaining research results through literature studies, legislation and other references related to the topic of discussion. The research approach used is a statutory approach and a conceptual approach. In Law Number 14 of 2005 concerning Teachers and Lecturers, it is stated that teachers must have academic qualifications as a teacher. The policy of Law Number 14 of 2005 concerning Teachers and Lecturers is important and crucial for determining regulations and sanctions for educators/teachers where the success of a nation is largely determined by the aspect of educators (Teachers and Lecturers). Implementation of Law Number 14 of 2005 concerning Teachers and Lecturers is the obligation and full attention of the central/regional government as implementer and the community and interested parties as policy targets to make it happen. Keywords: Academic qualifications, teachers, legal implications

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ADNIN
Date Deposited: 11 Dec 2023 08:04
Last Modified: 11 Dec 2023 08:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58581

Actions (login required)

View Item View Item