Rusmimpong, Rusmimpong (2023) PENGEMBANGAN MODEL EDUKASI “E-MENTARI” DALAM PENDAMPINGAN GIZI BALITA. S3 thesis, Poltekkes Kemenkes Jambi.
![]() |
Text
NASKAH DISERTASI - RUSMIMPONG.pdf Restricted to Repository staff only Download (21MB) |
![]() |
Text
cover disertasi pak ipong.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (351kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
Daftar pustaka.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
pengesahan pak ipong.pdf Download (234kB) |
Abstract
Permasalahan gizi balita masih menjadi perhatian utama di negara berkembang. Salah satu faktor penting yaitu rendahnya pengetahuan gizi ibu, sehingga praktik pemberian makan balita tidak tepat dan kurang beragam. Peningkatan pengetahuan ibu balita dapat dilakukan melalui edukasi gizi yang dikemas secara informatif, dan bisa diakses kapan saja. Maka diperlukan model pengembangan dalam pendampingan gizi balita untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku ibu terhadap keragaman makanan balita. Metode penelitian menggunakan desain dan pengembangan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif mengikuti alur langkah A-DD-IE dengan analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi dengan validasi ahli dan praktisi, evaluasi satu-satu, uji coba kelompok kecil, kelompok besar, uji coba lapangan. Pengembangan model edukasi berbentuk e-MENTARI. Adapun subjek penelitian sebanyak 6 orang evaluasi satu – satu, 10 orang sebagai sasaran uji coba kelompok kecil dan dua puluh anak sebagai sasaran uji coba kelompok besar, dan 25 orang uji coba lapangan. Uji fungsi website, uji kepuasan penggunaan website pada kelompok satu – satu, kecil, dan besar, serta analisis data menggunakan Wilcoxon pada kelompok uji coba lapangan. Hasil penelitian teori yang digunakan ialah 4 teori belajar, 2 teori perubahan perilaku. Pada analisis kebutuhan website diperlukan sebagai salah satu inovasi monitoring makanan balita, status gizi balita, dan edukasi pemberian makanan bayi dan anak secara mandiri oleh ibu balita. tahapan desain website dimulai dari draft konten isi, struktur navigasi, diagram use case, dan mockup. Tahap pengembangan website berfungsi dengan baik dan layak digunakan. Hasil uji satu – satu, kelompok kecil, dan kelompok besar adalah ibu balita mampu menggunakan website dengan baik, kemudian hasil lapangan menunjukan dapat pengetahuan, sikap, tetapi belum efektif dalam perbaiki perilaku ibu untuk keragamanan makan balita Kesimpulan penelitian pengembangan model edukasi dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, ibu untuk keragaman makanan balita. Disarankan pengembangan model edukasi ini dapat dipergunakan tenaga gizi puskesmas, dan kader, dalam monitoring keragaman makanan balita, dan monitoring status gizi
Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services |
Divisions: | Pascasarjana > S3 Pendidikan MIPA |
Depositing User: | RUSMIMPONG |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 04:07 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 12:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58635 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |