HUBUNGAN PERILAKU BULLYING DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA REMAJA DI SMPN 17 KOTA JAMBI TAHUN 2023

Nabila, Tasya (2023) HUBUNGAN PERILAKU BULLYING DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA REMAJA DI SMPN 17 KOTA JAMBI TAHUN 2023. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (244kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Bullying merupakan salah satu fenomena yang marak sekali terjadi di usia remaja dan kebanyakan terjadi di lingkungan sekolah di Indonesia maupun internasional. Bullying terjadi disebabkan adanya emosi negatif yang mengusai diri sehingga dapat menimbulkan kecenderungan dalam melakukan suatu tindakan yang tidak menyenangkan kepada orang lain. Adapun masalah yang kemungkinan besar diderita oleh remaja yang menerima perlakuan bullying, diantaranya munculnya masalah mental seperti depresi, menarik diri dari sosial, masalah tidur yang mungkin terbawa hingga dewasa, keluhan kesehatan fisik, rasa tidak aman saat berada di sekolah. Dalam kasus langka remaja yang mendapat perilaku bullying mungkin akan menunjukkan sifat kekerasan. Seperti yang dialami oleh remaja berinisial R di Temanggung, Jawa Tengah yang nekat membakar ruang kelas disekolahnya karena sakit hati sering dibully temannya. Hal ini disebabkan oleh adanya pengaruh dalam perilaku bullying yang diterimanya yang mengakibatkan kecerdasan emosionalnya terganggu sehingga melakukan tindakan kriminal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku bullying dengan kecerdasan emosional pada remaja di SMPN 17 Kota Jambi tahun 2023. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode kuantitatif dan menggunakan teknik analisis korelasi Spearman Rank. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 99 responden yang diambil dengan menggunakan metode proportional sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara perilaku bullying dengan kecerdasan emosional pada remaja di SMPN 17 Kota Jambi. Hasil tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai signifikansi nilai p�value sebesar 0,000 < 0,05 dan koefisien (r) sebesar -0,558. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, kesimpulan pada penelitian ini yaitu adanya hubungan yang signifikan antara perilaku bullying dengan kecerdasan emosional pada remaja di SMPN 17 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Bullying, Kecerdasan Emosional, Remaja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: NABILA
Date Deposited: 13 Dec 2023 01:05
Last Modified: 13 Dec 2023 01:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58737

Actions (login required)

View Item View Item