Hijriani, Hijriani (2023) EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DALAM MENCEGAH AGRESI VERBAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 17 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (315kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (173kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.docx Download (1MB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN (3).pdf Download (250kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul efektivitas layanan informasi dalam mencegah agresi verbal siswa di SMP Negeri 17 Kota Jambi, agresi merupakan perilaku yang menyakiti seseorang baik dengan fisik ataupun verbal. Fokus dalam penelitian ini yaitu agresi verbal yang menyakiti seseorang dengan kata-kata. Layanan informasi yaitu salah satu layanan di dalam bimbingan dan konseling yang memiliki tujuan untuk memberikan informasi kepada sekelompok individu yang membutuhkan. Layanan informasi digunakan dalam penelitian ini, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu untuk mengungkapkan adanya efektivitas layanan informasi dalam mencegah agresi verbal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengungkapkan apakah adanya efektivitas layanan informasi dalam mencegah agresi verbal pada siswa SMP Negeri 17 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 17 Kota Jambi dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dan variasi pre-exprerimental one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 17 Kota Jambi. teknik pengambilan sampel menggunakan clauster random sampling dan teknik undian yang diperoleh hasil sampel yaitu kelas VII I yang berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dengan jumlah item yang tervalidasi 36 item. teknik yang digunakan adalah uji presentase dan uji T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya efektivitas layanan informasi dalam mencegah agresi verbal siswa SMP Negeri 17 Kota Jambi. Dengan hasil pretest sebelum diberikan treatment dengan layanan informasi pada kelas VII 59.15, setelah diberikan treatment dengan layanan informasi hasil posttest pada kelas VII 51.58. Berdasarkan hasil perhitungan T-test dengan menggunakan SPSS versi 26 menunjukan pengaruh yang signifikan antara layanan informasi dan agresi verbal siswa dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,005 dan nilai Thitung > Ttabel atau 8.534 >1.693. Dapat diartikan bahwa pemberian perlakuan melalui layanan informasi dapat memberikan efektivitas dalam mencegah agresi verbal siswa di SMP Negeri 17 Kota Jambi. Saran dalam penelitian untuk peneliti hendaknya memperdalam wawasan materi tentang agresi verbal dan layanan informasi sehingga mampu mendapatkan hasil yang lebih baik atau maksimal, untuk peneliti selanjutnya hendak mengkaji dan memperdalam wawasan materi lebih lanjut dan bisa melakukan penelitian ini dengan metode dan jenis penelitian yang berbeda dengan peneliti sebelumnya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | layanan informasi, agresi verbal, agresi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | HIJRIANI |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 04:05 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 04:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58750 |
Actions (login required)
View Item |