ANALISIS POLA INTERAKSI DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI KELAS XII IPS 4 SMA NEGERI 1 MERANGIN

DESRAINI, DESRAINI ANALISIS POLA INTERAKSI DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI KELAS XII IPS 4 SMA NEGERI 1 MERANGIN. JURNAL ANALISIS POLA INTERAKSI DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI KELAS XII IPS 4 SMA NEGERI 1 MERANGIN.

[img] Text
Judul.pdf

Download (94kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (322kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (382kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (73kB)

Abstract

ANALISIS POLA INTERAKSI DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI KELAS XII IPS 4 SMA NEGERI 1 MERANGIN Desraini1), Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, DPt. BA, M.Si2), Dr. Drs. H. Firman Khaidir, M. Si.2) e-mail: desrainisagitarius92@gmail.com ABSTRAK Desraini, 2018. Analisis Pola Interaksi dalam Pembelajaran Ekonomi di Kelas XII IPS 4 SMA Negeri 1 Merangin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan, Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Drs. Khairinal, D.Pt, BA. M.Si., (II) Dr. Drs. H. Firman Khaidir, M.S Kata Kunci: Pola Interaksi, Mata Pelajaran Ekonomi Pola interaksi merupakan unsure yang penting dalam proses pembelajaran. Khususnya siswa sebagai seseorang yang menjadi objek pembelajaran. Untuk dapat menciptakan suasana belajar menjadi lebih efektif, kondusif, dan produktif serta dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan diperlukan pola interaksi yang baik. Fenomena yang terjadi di dalam kelas, yaitu kegiatan pembelajaran yang diciptakan guru lebih sering didominasi oleh metode ceramah dan kurang divariasikan dengan metode pembelajaran lain. kecenderungan guru ialah hanya terfokuskan penyampaian materi atau siswa hanya menjadi obyek selama proses mengajar yang seharusnya keduanya saling memiliki peran selama proses belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pola interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran Ekonomi, dan pola interaksi yang dominan dalam pembelajaran Ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Merangin dengan subjek penelitian yakni mencakup guru sebagai pendidik dan siswa sebagai peserta didik. Adapun guru dan siswa yang dimaksud adalah di kelas XII IPS 4 pada kegiatan pembelajaran Ekonomi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dan dianalisis secara reduction data, display data, dan conclusion drawing/verification. Hasil analisis menunjukkan pola interaksi yang digunakan guru ekonomi di kelas XII IPS 4 bervariasi yaitu satu arah, dua arah dan multi arah. Namun, pola interaksi yang paling dominan digunakan guru ekonomi di kelas XII IPS 4 adalah dua arah dan multi arah. Berdasarkan hasil penelitian maka hendaknya guru dan siswa menjalankan pola interaksi dengan baik dan mengevaluasi setiap pola interaksi tersebut sehingga hambatan yang ada pada pelaksanaannya dapat diatasi. Guru tidak hanya menggunakan pola interaksi yang sama melainkan lebih variatif dan seimbang.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DESRAINI
Date Deposited: 31 Oct 2018 02:34
Last Modified: 31 Oct 2018 02:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5879

Actions (login required)

View Item View Item