PEGARUH PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBl) DAUR ULANG LIMBAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR (KOGNITIF) SISWA

Anjani, Silvi (2023) PEGARUH PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBl) DAUR ULANG LIMBAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR (KOGNITIF) SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (686kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)
[img] Text
SKRIPSI_SILVI ANJANI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HAL PENGESAHAN.pdf

Download (419kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Model pembelajaran berperan penting dalam suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen. Jenis data penelitian ini adalah kuantitatif. Instrumen dalam penelitian yaitu lembar soal pre-test dan post-test, lembar observasi, lembar kerja peserta didik, dan lembar rubrik penilaian produk dalam project tes hasil belajar kognitif yang dianalisis menggunakan software SPSS versi 27. Hasil penelitian modul dan instrumen telah memalui tahap validasi sebanyak 2 kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa (pre-test) sebelum dibelajarkan dengan model Project Based Learning (PjBl) pretest siswa semuanya tidak tuntas dengan nilai rata-rata yaitu 36,45%. Setelah dibelajarkan dengan model Project Based Learning (PjBl) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata post-test yaitu 79,16%. Pada penilaian produk hasil project diperoleh kelompok 1 71% dengan kategori layak, kelompok 2 67% cuku layak, kelompok 3 78% kategori layak, dan kelompok 4 82% kategori sangat layak. Hasil uji efektivitas menggunakan paired sample t-test, terdapat perbedaan besar hasil belajar kognitif siswa sebelum (M = 36,04, SD = 8,844) dan setelah pembelajran (M = 69,79, SD = 8,005), t(23) = 12,145, p <0,001, d = 2,479. Pengaruh dan tidaknya perlakuan terhadap variabel terikat dilihat dari nilai sig. < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar (kognitif) siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Cognitive
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Anjani
Date Deposited: 15 Dec 2023 03:18
Last Modified: 15 Dec 2023 03:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58843

Actions (login required)

View Item View Item