ANALISIS NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN RELIGIUS K.H. AHMAD DAHLAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 1 DI SMA PGRI 2 KOTA JAMBI

Ayu, Kurnia (2023) ANALISIS NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN RELIGIUS K.H. AHMAD DAHLAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 1 DI SMA PGRI 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Cover Skripsi .pdf

Download (43kB)
[img] Text
KURNIA AYU A1A218032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN A1A218032.pdf

Download (229kB)
[img] Text
ABSTRAK...pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Ayu, Kurnia. Skripsi. Analisis Karakter Disiplin Dan Religius KH. Ahmad Dahlan Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 1 Di SMA PGRI 2 Kota Jambi. Program Studi (Prodi) Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (1) Prof. Drs. Firman M.Si, (2) Anny Wahyuni S. Pd., M.Pd. Kata Kunci: Karakter Disiplin, Karakter Religius, KH. Ahmad Dahlan, Pembelajaran Sejarah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai pendidikan karakter disiplin dan religius K.H. Ahmad Dahlan sebagai sumber belajar pada pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 di SMA PGRI 2 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif Deskriptif dengan pedekatan studi pustaka. Data penelitian ini berupa kutipan kata-kata, kalimat ataupun paragrap yang mengandung nilai pendidikan karakter pada sosok KH. Ahmad Dahlan. Sumber data berupa buku-buku yang berisi KH. Ahmad Dahlan: (1) Dahlan yang diterbitkan oleh PT Kaurana Buana Antara (2) Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan dan Muhammadiyah dalam Perpspektif Perubahan Sosial yang di terbitkan oleh PT. Bumi Aksara. (3) Kebiasaan – Kebiasaan Inspiratif KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asya’ari yang di terbitkan oleh Diva Prees. Kurangnya disiplin pada peserta didik dapat mempengaruhi kepribadian peserta didik atau ketingkah laku peserta didik. Pendidikan karakter adalah pendidikan budi pekerti plus, yaitu yang melibatkan aspek pengetahuan (cognitive), perasaan (feeling), dan tindakan (action), tanpa ketiga aspek ini, maka pendidikan karakter tidak akan efektif. KH.Ahmad Dahlan sebagai sosok tokoh pendidikan Indonesia yang mengajarkan lebih ke pendidikan agama dapat kita contoh sikap atau prilaku disiplin dan religus beliau. Contohnya displin sosok KH. Ahmad Dahlan dalam melakukan kegiatan, tepat waktu dalam melaksanakan ibadah yang dapat kita contoh sebagai sumber belajar pada pelajaran sejarah yaitu tepat waktu ketika datang kesekolah, tepat waktu dalam mengerjakan tugas, dan lain sebagainya. Contoh nilai karakter religius yang dapat di contoh dari sosok KH. Ahmad Dahlan yaitu mengucapkan salam Assalammuallaikum ketika bertemu orang lain baik yang lebih tua, sebagaya, maupun yang lebih muda, hal ini bisa di jadikan sumber belajar pada pelajaran sejarah pada kelas XI IPS 1 SMA PGRI 2 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Karakter Disiplin, Karakter Religius, KH. Ahmad Dahlan, Pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: AYU
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:13
Last Modified: 29 Dec 2023 07:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58961

Actions (login required)

View Item View Item