CAHYANA, FATMA (2023) PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 131/IV KOTA JAMBI. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
TESIS_FATMA CAHYANA_P2A621018 (2).pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (418kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (318kB) |
Abstract
ABSTRAK Cahyana, Fatma (2023). Peran Guru dalam Menumbuhkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika: Tesis, Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. Sukendro, M.Kes AIFO, (II) Dr. Sofwan, S.Pd. M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai peran guru dalam menumbuhkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di kelas IV A SD Negeri 131/IV Kota Jambi antara lain adalah peran guru sebagai fasilitator dan evaluator. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 131/IV Kota jambi. Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenispenelitian studi kasus. Partisipan penetian yaitu guru kelas IV A, peserta didik kelas IV A. data penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan model yang dikembangkan oleh Miles and Huberman yaitu: reduksi data, display data (penyajian data), verifikasi data. Hasil penelitin ini menunjukkan bahwa peran guru dalam menumbuhkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 131/IV Kota Jambi Kelas IV A terdiri dari (1)peran guru sebagai fasilitator yaitu dengan guru memberikan fasilitas kepada peserta didik berupa menata ruang belajar dengan nyaman dan di buat semenarik mungkin dan pengaturan tempat duduk yang di samaratakan berdasarkan kemampuan peserta didik, Penyajian materi dan media matematika yang menyenangkan berupa penyajian materi balok dan kubus serta membuat media tentang materi balok dan kubus di buat Bersama di sekolah, menyediakan sumber belajar berupa buku , LKS, Internet dan lingkungan sekitar , menyiapkkan perencanaan pembelajaran matematika berupa CP, ATP, TP, LKPD, metode pembelajaran matematika yang bervariasi seperti yang dilakukan oleh guru kelas adalah demonstrasi, diskusi dan tanya jawab. Membimbing, mendampingi dan mengarahkan peserta didik dalam pembelajaran matematika, dan interaksi antara guru dan peserta didik dengan memberikan contoh yang baik di kelas, memberikan perhatian, memberikan pendekatan secara individual dan menasehati dan interaksi antara guru dan peserta didik berlangsung dengan baik serta denan pendekatan personal . dengan tersedianya fasilitas yang diberikan guru maka proses pembelajaran matematika berjalan dengan lanncar dan tentunya mampu menumbuhkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika (2) Peran guru sebagai evaluator adalah asesmen diagnostik non kognitif dengan guru mengadakan tanya jawab langsung maupun tidak langsung dan mengetahui letak minat serta kelebihan dan kelemahan serta wawasan dan keterampilan peserta didik dalam pembelajaran matematika, dan asesemen formatif untuk merefleksikan minat belajar peserta didik dan sebagai umpan balik setiap proses pembelajaran matematika dan untuk mengetahui pemahaman dan minat peserta didik terhadap pembelajaran matematika yang diajarkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru kelas telah melaksanakan peran nya dengan baik di kelas IVA sehingga dapat menumbuhkan minat belajar matematika peserta didik. Kata Kunci : Peran Guru, Minat Belajar Matematika
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Minat Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Fatma Cahyana |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 06:49 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 06:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59002 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |