PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBIASAKAN SIKAP DISIPLIN SISWA DI SMPN 17 KOTA JAMBI

PUTRI, FYNI AFRILYANI (2023) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBIASAKAN SIKAP DISIPLIN SISWA DI SMPN 17 KOTA JAMBI. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
SKRIPSI FYNIII FIXXXX REVISI baru edit.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (191kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)
[img] Text
ABSTRAK FYNI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
November 2023.pdf

Download (386kB)

Abstract

Judul Skripsi : Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membiasakan Sikap Disiplin Siswa SMPN 17 Kota Jambi Nama : Fyni Afrilyani Putri NIM : A1E119029 Dosen Pembimbing I : Dr. Yanto, S.Pd., M.Ed. Dosen Pembimbing II : Muhammad Ferdiansyah, S.Pd., M.Pd., Kons. Masalah kedisiplinan siswa menjadi sangat penting untuk proses pembelajaran di sekolah, jika siswa tidak disiplin terhadap segala aturan dan tata tertib sekolah maka akan terhambatnya proses pembelajaran menjadi tidak nyaman tidak teratur sehingga memicu siswa untuk melakukan pelanggaran. Apabila ada tata tertib yang mengatur para siswa untuk disiplin maka siswa harus mentaati tata tertib yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam membiasakan sikap disiplin siswa serta untuk mengambarkan bagaimana strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam membiasakan sikap disiplin siswa sehingga dari penelitian ini hasilnya dapat dicontoh oleh Guru Bimbingan dan Konseling yang lain. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan fokus dan penjelasan. Dalam pandangan Sutja, dkk (2017:62), penelitian kualitatif merupakan suatu bentuk penelitian yang bertujuan untuk mencari pemaknaan dengan cara mengumpulkan data melalui pengamatan langsung terhadap subjek menggunakan metode manusia sebagai instrument. Teknik pengumpulan data terdapat empat metode yakni melalui observasi, wawancara, penyebaran kusioner berupa daftar pertanyaan, serta melalui tes asesmen yang melibatkan analisis rekam jejak pengalaman atau hasil karya. Hasil dari temuan penelitian di lapangan, terungkap bahwa peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam membiasakan sikap disiplin siswa di SMPN 17 Kota Jambi sudah terlaksana dengan cukup baik. Ada diantaranya enam aspek indikator yang sudah terlaksana dengan cukup optimal. Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam membiasakan sikap disiplin yaitu meliputi memberikan informasi mengenai tata tertib sekolah, Guru Bimbingan dan Konseling memberi motivasi dan arahan terhadap siswa tentang kedisiplinan sekolah dan Guru Bimbingan dan Konseling menggunakan media untuk membiasakan sikap disiplin siswa. Pada keenam aspek ini Guru Bimbingan dan Konseling sudah melaksanakan aspek-aspek tersebut dengan baik. Kata Kunci: Peran, Sikap Disiplin

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Putri
Date Deposited: 21 Dec 2023 08:09
Last Modified: 21 Dec 2023 08:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59060

Actions (login required)

View Item View Item