yani, sur (2023) ANALISIS DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP ETIKA REMAJA DI DESA RANTAU PANDAN KECAMATAN RANTAU PANDAN KABUPATEN BUNGO. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
abstrak.pdf Download (183kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (329kB) |
|
Text
bab 5.pdf Download (206kB) |
|
Text
daftar rujukan.pdf Download (420kB) |
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (115kB) |
|
Text
SKRIPSI SURYANI full.pdf Download (695kB) |
Abstract
Suryani 2023. Analisis Dampak Game online Terhadap Etika Remaja Di Desa Rantau Pandan Kecamatan Rantau Pandan Kabupaten Bungo. Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. M. Salam, M.Si Pembimbing (II) Sundari Utami, S.Pd., M.Sc. Kata Kunci: Game online, Etika, Remaja Berdasarkan obsevasi awal yang dilakukan peneliti di Desa Rantau Pandan menunjukkan masalah kurangnya etika pada remaja yang bermain di Desa Rantau Pandan Kecamatan Rantau Pandan Kabupaten Bungo. Masalah yang dimaksud ialah saat ini remaja sudah banyak mengenal yang namanya jaringan internet, dengan adanya jaringan internet remaja bisa mengakses yang namanya game online, namun semenjak adanya game online ini banyak remaja yang mengalami perubahan etika dan perilaku pada diri mereka. Penelitian ini berangkat dari keinginan untuk mengetahui bagaimana etika remaja di Desa Rantau Pandan, Kecamatan Rantau Pandan, Kabupaten Bungo, yang terpengaruh oleh permainan game online. Kepala Desa Rantau Pandan, masyarakat, remaja yang bermain game online, dan orang tua dari remaja yang bermain game online merupakan informan dalam penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara. Reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan menjadi metode analisis data yang digunakan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa remaja di Desa Rantau Pandan, Kecamatan Rantau Pandan, Kabupaten Bungo, yang bermain game online, telah berubah secara etika. Mereka sering menggunakan kata-kata kotor, marah dan berbohong ketika tidak diberi cukup uang untuk membeli kuota internet, dan mengabaikan peringatan saat bermain game.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game online, Etika, Remaja |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | Suryani |
Date Deposited: | 22 Dec 2023 06:58 |
Last Modified: | 22 Dec 2023 06:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59076 |
Actions (login required)
View Item |