ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN KORELASINYA DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM SMAN 11 KOTA JAMBI

Nur Rahma, Zulia (2023) ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN KORELASINYA DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM SMAN 11 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak ZULIA NUR RAHMA (A1C118048)_115828.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Bab I ZULIA NUR RAHMA (A1C118048)_115835.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Bab V ZULIA NUR RAHMA (A1C118048)_115853.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Daftar Pustaka ZULIA NUR RAHMA (A1C118048)_115910.pdf

Download (141kB)
[img] Text
lembar Pengesahan ZULIA NUR RAHMA (A1C118048)_122553.pdf

Download (194kB)
[img] Text
SKRIPSI ZULIA NUR RAHMA (A1C118048)_124605.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Rahma, Zulia Nur. 2023. Analisis Pelaksaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Korelasinya dan Korelasinya Dengan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam Sman 11 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing I: Prof. Dr. Dra. Wilda Syahri, M.Pd, Pembimbing II: Dra. Yusnidar, M.Pd Kata Kunci : Keterampilan Proses Sains, Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Hidrolisis Garam Keterampilan Proses Sains adalah suatu keterampilan ilmiah yang berguna untuk siswa dalam menemukan konsep atau teori yang bertujuan untuk mengembangkan konsep yang telah ada serta untuk memahami fenomena apa saja yang terjadi dan model yang selaras untuk dapat meningkatkan keterampilan proses sains adalah model pembelajaran berbasis proyek yang dapat diterapkan pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui sejauh mana pelaksanaan model pembelajaran berbasis proyek pada materi hidrolisis garam dan korelasinya dengan keterampilan proses sains siswa serta untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa di SMAN 11 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model triangulasi konkuren. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa instrumen penelitian pelaksanaan model oleh guru dan siswa, instrumen penilaian keterampilan proses sains dan tes essay. Teknik analisa data kuantitatif menggunakan uji korelasi product moment. Keterlaksanaan model pembelajaran berbasis proyek oleh siswa mempunyai rata-rata sebesar 64,17% dengan kategori baik dan persentase keterampilan proses sains siswa sebesar 65,98% dengan kategori baik. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran berbasis proyek dengan keterampilan proses sains siswa diperoleh rxy = 0,65 dengan tingkat hubungan kuat pada hasil belajar kognitif diperoleh rxy = 0,59 dengan tingkat hubungan sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran berbasis proyek berjalan dengan baik, hasil belajar kognitif siswa berkategori baik yaitu diperoleh sebesar 0,59 dengan rata-rata ketuntasan 78,17, terdapat korelasi dengan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa pada materi hidrolisis garam di SMAN 11 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses Sains, Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Hidrolisis Garam
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RAHMA
Date Deposited: 22 Dec 2023 04:15
Last Modified: 22 Dec 2023 04:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59078

Actions (login required)

View Item View Item