Hartina, Siti (2023) Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Berbasis Smartphone Menggunakan Aplikasi Phyphox Pada Materi Momentum dan Impuls. S2 thesis, Magister pendidikan IPA (fisika).
![]() |
Text
TESIS SITI HARTINA SIDANG 2 desember 2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (335kB) |
![]() |
Text
CamScanner 25-12-2023 18.15.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (139kB) |
Abstract
Pemanfaatan smartphones dalam konteks Technology Enhancing Learning (TEL) akhir-akhir ini sangat signifikan. Integrasi beberapa sensor dengan teknologi smartphones telah menghasilkan terobosan penting, menawarkan kemungkinan baru untuk penerapan eksperimen fisika. Namun, penggunaan smartphones sebagai mobile mini-labs jarang ditemukan di lingkungan sekolah menengah atas di Provinsi Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penuntun praktikum fisika berbasis smartphones menggunakan aplikasi phypox pada materi momentum dan impuls di SMAN 14 Sarolangun. Penelitian ini menggunakan model penelitian R&D dengan pendekatan ADDIE. Tahap pengumpulan data meliputi teknik wawancara, pemberian lembar validasi yang diisi oleh ahli, dan penyebaran angket kepada guru dan siswa untuk menilai efektivitas panduan praktikum fisika berbasis smartphone. Data kualitatif dianalisis oleh peneliti, yang mengkaji berbagai bentuk masukan, reaksi, kritik, dan gagasan oleh validator ahli materi, media, dan praktisi guru. Proses validasi dilakukan secara berulang sehingga diperoleh penuntun praktikum yang valid dan praktis untuk digunakan. Data kuantitatif diperoleh dari tanggapan yang diberikan partisipan dengan menggunakan skala likert. Nilai rata-rata persentase yang diperoleh dari validasi materi dan desain pembelajaran terhadap ketiga indikator evaluasi adalah sebesar 87%. Nilai rata-rata persentase validasi media adalah 93%, yang ditentukan berdasarkan penilaian lembar validasi oleh ahli media, yang secara eksplisit masuk dalam kategori “sangat baik”. Penelitian ini memberikan kontribusi berharga dalam diskusi akademis seputar pemanfaatan smartphone sebagai instrumen eksperimen, yang berpotensi meningkatkan persepsi dan sikap siswa terhadap bidang fisika. Selain itu, penggunaan smartphones dapat berfungsi sebagai landasan untuk memajukan strategi pedagogi yang baru dan efisien dalam bidang pengajaran fisika.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | SITI HARTINA |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 04:02 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 14:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59111 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |