Handayani, Vivi PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA ILMU PENGETAHUAN LINGKUNGAN BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI. JURNAL PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA ILMU PENGETAHUAN LINGKUNGAN BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI.
Text
cover.docx Download (28kB) |
|
Text
pengesahan.docx Download (1MB) |
|
Text
abstrak.docx Download (16kB) |
|
Text
daftar isi.docx Download (26kB) |
|
Text
bab i.docx Download (23kB) |
|
Text
bab v.docx Download (24kB) |
Abstract
ABSTRAK Handayani, V. 2018. Pengembangan Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Ligkungan Berbasis Kontekstual Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr.Dra.Evita Anggereini, M.Si. (II) Ali Sadikin, S.Pd.I,M.Pd. Kata kunci: Ensiklopedia, Kontekstual, Ilmu pengetahuan lingkungan Mata kuliah Ilmu pengetahuan lingkungan (IPL) adalah salah satu mata kuliah wajib yang didapati oleh mahasiswa Pendidikan Biologi. Mata kuliah ini membahas mengenai semua hal yang berkaitan dengan lingkungan maupun fenomena-fenomena yang tejadi di lingkungan. Mahasiswa diharapkan tidak hanya memahami materi saja yang diperlukan namun diharapkan dapat membentuk kepedulian terhadap masalah masyarakat dan lingkungan. Salah satu pendekatan pembelajaran yang cocok untuk materi ini adalah pendekatan kontekstual karena pendekatan Kontekstual merupakan pembelajaran bermakna yang dapat membantu peserta didik memahami materi pelajaran dan menghubungkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk akhir berupa Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Lingkungan Berbasis Kontekstual, mengetahui kelayakan ensiklopedia serta respon dan tanggapan mahasiswa terhadap produk yang dikembangkan Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengikuti model ADDIE. Model pengembangan ini memiliki tahapan pengembangan berupa analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Ujicoba dilakukan pada kelompok kecil dan kelompok besar. Subjek ujicoba pada penelitian ini diambil dari Mahasiswa Pendidikan Biologi yang telah mengontrak mata kuliah ilmu pengetahuan lingkungan sebanyak 28 orang dimana 8 orang untuk kelompok kecil, sedangkat 20 orang mahasiswa untuk kelompok besar. Hasil validasi oleh ahli materi materi sebanyak 2 kali diperoleh persentase akhir 90,6% (sangat baik) dan validasi oleh ahli media sebanyak dua kali diperoleh persentase akhir 90,6% (sangat baik). Hasil ujicoba kelompok kecil dengan persentase 91,2% (sangat baik) dan ujicoba kelompok besar dengan persentase 88,6% (sangat baik). Hasil ujicoba kepada dosen mata kuliah Ilmu Pengetahuan Lingkungan yaitu 76,5% (baik). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa produk Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Lingkungan Berbasis Kontekstual Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi layak digunakan sebagai media pembelajaran mahasiswa dalam mempelajari istilah lingkungan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Vivi Handayani |
Date Deposited: | 07 Nov 2018 00:47 |
Last Modified: | 07 Nov 2018 00:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5912 |
Actions (login required)
View Item |