Fadhilah, Putri Nur (2023) HUBUNGAN DURASI DAN INTENSITAS PAPARAN BISING DI LOKASI PRAKTIK PEMBELAJARAN TERHADAP KELUHAN TINNITUS PADA SISWA JURUSAN TEKNIK PEMESINAN DAN TEKNIK PENGELASAN SMK NEGERI 3 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text (COVER SKRIPSI)
COVER SKRIPSI.pdf - Published Version Download (52kB) |
|
Text (PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN)
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (202kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (220kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (134kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (127kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (133kB) |
Abstract
ABSTRAK Latar Belakang: Bising merupakan suara yang tidak diinginkan yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran dengan salah satu tanda penyerta berupa tinnitus. Menurut Komnas Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian, salah satu populasi yang beresiko tinggi mengalami gangguan pendengaran akibat kebisingan adalah siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang terpapar kebisingan mesin pelatihan. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk menganalisa adakah pengaruh durasi dan intensitas paparan bising terhadap keluhan tinnitus pada siswa SMKN 3 Kota Jambi Jurusan Teknik Pemesinan dan Teknik Pengelasan. Metode: Penelitian ini adalah penelitian cross sectional dengan desain analitik observasional. Hasil: Didapatkan responden terbanyak adalah laki-laki (98,0%) dengan riwayat paparan terbanyak <12 bulan (65,7%). Durasi paparan terbanyak adalah < 8 jam (86,3%) dengan frekuensi paparan terbanyak 1-4 hari (97,1%). Intensitas kebisingan yang banyak didapat oleh responden adalah ≥ 85 dB (81,4%) dengan hampir semua responden tidak menggunakan alat pelindung telinga (98,0%). Sebagian besar responden tidak mengeluhkan tinnitus (81,4%) dengan derajat dan jenis gangguan pendengaran normal hampir pada semua responden baik pada telinga kanan maupun kiri berdasarkan hasil audiometri. Kesimpulan: Pada penelitian ini didapatkan hasil tidak adanya hubungan baik durasi maupun intensitas terhadap keluhan tinnitus. Katakunci: Bising, Tinnitus ABSTRACT Background: Noise is an unwanted sound that can cause hearing loss with one of the accompanying signs being tinnitus. According to the National Commission for the Management of Hearing Loss and Deafness, one of the populations at high risk of experiencing hearing loss due to interference is Vocational High School students who experience problems with training machines. Objective: This study aims to analyze whether there is an influence of the duration and intensity of noise exposure on tinnitus complaints in students of SMKN 3 Jambi City, Department of Machining Engineering and Welding Engineering. Method: This research is a cross sectional study with an observational analytical design. Result: It was found that the majority of respondents were men (98.0%) with a history of exposure <12 months (65.7%). The highest duration of exposure was <8 hours (86.3%) with the highest frequency of exposure being 1-4 days (97.1%). The noise intensity that most respondents received was ≥ 85 dB (81.4%) with almost all respondents not using hearing protection (98.0%). The majority of respondents did not complain of tinnitus (81.4%) with the degree and type of hearing loss being normal in almost all respondents in both the right and left ears based on audiometry results. Conclusion: The conclusion of this study was that there was no relationship between duration and intensity of tinnitus complaints. Keywords: Noise, Tinnitus
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bising, Tinnitus |
Subjects: | R Medicine > RF Otorhinolaryngology |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Kedokteran |
Depositing User: | FADHILAH |
Date Deposited: | 28 Dec 2023 06:39 |
Last Modified: | 28 Dec 2023 06:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59152 |
Actions (login required)
View Item |