Strategi Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Kolaborasi (Collaboration) Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar

Dianisa, Lelva (2023) Strategi Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Kolaborasi (Collaboration) Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (257kB)
[img] Text
Skripsi LELVA DIANISA (A1D119146).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan keterampilan kolaborasi siswa kelas VI di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1/IV Kota Jambi pada bulan Maret 2023 sampai Mei 2023. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data bertujuan untuk mengatahui strategi guru dalam mengembangkan keterampilan kolaborasi siswa kelas VI SD Negeri 1/IV Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI A SD Negeri 1/IV Kota Jambi. Objek penelitian ini yaitu strategi guru dalam mengembangkan keterampilan kolaborasi siswa kelas VI Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis tahapan pertama reduksi data, tahapan kedua penyajian data, dan tahapan ketiga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan strategi guru dalam mengembangkan keterampilan kolaborasi yaitu tahap perencanaan : (1) perencanaan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi (2) perencanaan tujuan pembelajaran dan (3) menyiapkan media pelajaran yang akan digunakan. Tahap pelaksanaan (1) menggunakan model pembelajaran project based learning (2) menggunakan metode diskusi (3) pemberian tugas/ peran dalam kelompok (4). membagi kelompok kecil. Tahap evaluasi dengan melihat antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran berkelompok, keaktifan siswa dalam kelompok, kontribusi siswa dalam kelompok, sikap menghargai dalam kelompok, serta pengerjaan tugas dan pengumpulan tugas oleh siswa dalam kelompok. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa strategi guru dalam mengembangkan keterampilan kolaborasi siswa kelas VI SD Negeri 1/IV Kota Jambi melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Dengan tahap yang matang dan optimal tersebut siswa dapat melakukan kegiatan yang berkolaborasi yaitu dapat bekerjasama dengan teman kelompok, saling menghargai dalam kelompok, dapat bertanggung jawab dengan pekerjaan dalam kelompok, dan aktif berkontribusi dalam pembuatan tugas di kelompok. Kata Kunci : Strategi Guru, Kolaborasi

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Strategi Guru, Kolaborasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: DIANISA
Date Deposited: 29 Dec 2023 06:57
Last Modified: 29 Dec 2023 06:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59177

Actions (login required)

View Item View Item