Alfariz, Rahmad (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN INTERPROFESSIONAL EDUCATION PADA ROTASI KLINIK ILMU KESEHATAN ANAK UNTUK MAHASISWA PROFESI DOKTER DAN NERS MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING DI FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, Kedokteran.
Text
1. COVER.pdf Download (335kB) |
|
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf Download (11MB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (240kB) |
|
Text
4. BAB 1.pdf Download (218kB) |
|
Text
5. BAB 5.pdf Download (141kB) |
|
Text
6. SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Latar Belakang: Kerjasama dalam tim tenaga kesehatan tidak hanya untuk memperoleh kesehatan bagi pasien, namun juga untuk menjalin keterkaitan yang baik antar profesi. Interprofessional Education (IPE) dapat diterapkan pada berbagai profesi kesehatan, salah satunya diterapkan antara profesi dokter dan ners. Penerapan IPE yang dikombinasikan dengan Project Based Learning dapat menjadi lebih efektif bagi kurikulum pendidikan kesehatan dengan dilakukan pada kasus yang nyata dari pasien. Pada Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi sendiri telah melaksanakan IPE di jenjang pendidikan tingkat sarjana dan belum diterapkan di pendidikan profesi. Tujuan umum penelitian ini yaitu untuk mengetahui evaluasi dari penerapan IPE di Pendidikan Profesi FKIK UNJA dengan metode PjBL. Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian fenomenologi dari studi kasus dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Data didapatkan melalui tulisan refleksi oleh mahasiswa dengan menggunakan metode Gibbs reflective cycle. Di awali dari pembuatan modul pembelajaran IPE untuk pendidikan profesi dokter dan ners, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan modul pembelajaran IPE dengan metode PjBL. Hasil: Modul IPE yang dirancang kemudian dilaksanakan setelah divalidasi. Melalui 10 tulisan refleksi partisipan ditemukan bahwa mahasiswa memiliki persepsi positif dan negatif terhadap IPE. Namun terdapat beberapa saran dan evaluasi. Kebanyakan dari evaluasi tersebut merupakan hambatan dari pelaksanaan IPE dan saran terhadap teknis pelaksanaan. Kesimpulan: Evaluasi dari pelaksaan IPE sudah cukup baik, namun perlu diperhatikan persiapan dan teknis pelaksanaan serta beberapa perbaikan modul kedepannya agar IPE dapat berjalan dan mencapai tujuan dari pembelajaran. Kata Kunci: Evaluasi, persepsi, Interprofessional Education, pendidikan profesi, profesi dokter, profesi ners, Gibbs Reflective Cycle.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Kedokteran |
Depositing User: | ALFARIZ |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 07:17 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 06:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59295 |
Actions (login required)
View Item |