Sahara, Elna (2024) Audit Tata Kelola Teknologi Pada Sistem Informasi E-Learning Universitas Jambi Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 2019. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (316kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (361kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (293kB) |
Abstract
Implementasi teknologi informasi sudah hampir di seluruh aspek kehidupan. Contohnya adalah pemanfaatan media elektronik untuk pembelajaran pada perguruan tinggi. Pada Universitas Jambi, E-Learning merupakan pengalaman belajar yang fleksibel yang memanfaatkan TIK dan dapat diakses kapan saja, dimana saja, oleh siapa saja. E-Learning bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa mendapatkan akses kegiatan pembelajaran dalam jaringan dengan memanfaatkan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) serta media komunikasi lainnya. COBIT 2019 merupakan kerangka kerja tata kelola teknologi informasi yang memiliki standarisasi untuk melakukan penerapan tata kelola teknologi informasi. Hasil dari penelitian ini berupa rekomendasi dari 3 domain/objektif proses yang didapatkan setelah melewati tahap analisis faktor desain, analisis terhadap kesenjangan (gap) level kapabilitas serta diberikan beberapa rekomendasi perbaikan. Didapatkan domain/objektif proses BAI02 mecapai level 3, BAI05 dan BAI11 mencapai level 2. Level kapabilitas dapat ditingkatkan dengan melakukan rekomendasi terhadap aktivitas yang belum dilakukan oleh perusahaan agar mencapai target level yang diharapkan yaitu pada level 4. The implementation of information technology is in almost all aspects of life. An example is the use of electronic media for learning in higher education. At Jambi University, E-Learning is a flexible learning experience that utilizes ICT and can be accessed anytime, anywhere, by anyone. E-Learning aims to facilitate students in gaining access to online learning activities by utilizing ICT (Information and Communication Technology) and other communication media. COBIT 2019 is an information technology governance framework that has standards for implementing information technology governance. The results of this research are recommendations from 3 Process domains/objectives were obtained after the design factor analysis stage, analysis of capability level gaps, and several recommendations for improvement. It was found that the BAI02 process domain/objective reached level 3, BAI05 and BAI11 reached level 2. The capability level can be increased by recommending activities that the company has not carried out to achieve the expected target level at level 4.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | audit, tata kelola, COBIT 2019, E-Learning, tingkat kapabilitas, kesenjangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Sahara |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 02:36 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 02:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59301 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |