Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Berbicara di Depan Kelas Melalui Bimbingan Kelompok dengan Tekni Latihan Asertif di SMP Negeri 17 Kota Jambi

Novitasari, Anggun (2023) Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Berbicara di Depan Kelas Melalui Bimbingan Kelompok dengan Tekni Latihan Asertif di SMP Negeri 17 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN ANGGUN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. SKRIPSI ANGGUN DRAFT 12 REVISI SIDANG 3 YUDISIUM.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK_SKRIPSI ANGGUN_YUDISIUM.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I_SKRIPSI ANGGUN_YUDISIUM.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB V_SKRIPSI ANGGUN_YUDISIUM.pdf

Download (140kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_SKRIPSI ANGGUN_YUDISIUM.pdf

Download (222kB)
[img] Text
COVER_SKRIPSI ANGGUN_YUDISIUM.pdf

Download (25kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan keterampilan mengucapkan bunyi�bunyi artikulasi atau mengucapkan kata-kata untuk menceritakan, mengekspresi, menyatakan, menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan kepada orang lain dengan kepercayaan diri untuk berbicara secara wajar, jujur, benar, dan bertanggung jawab, serta dengan menghilangkan masalah psikologis seperti rasa malu, rendah diri, ketegangan, berat lidah, dan lain-lain. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa berbicara di depan kelas melalui bimbingan kelompok dengan teknik asertif. Agar penelitian ini tidak menyimpang dengan yang dimaksud maka dibatasi dengan mengenai upaya meningkatkan kemampuan siswa berbicara di depan kelas dengan teknik yang digunakan pada layanan bimbingan kelompok dengan teknik asertif. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Layanan (PTL). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII G di SMP Negeri 17 Kota Jambi sebanyak 33 siswa. Penarikan sampel diambil 10 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dengan acuan intrapolasi sebagai penentu persen. Alat dan teknik pengumpulan data adalah angket, dengan jenis model dikhotomis atau diskirt. Teknik analisis data menggunakan analisis presentase dan prosedur pelakasanaan PTL. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa siklus I sebesar 55% yang dimana termasuk dalam kategori sedang, siklus II sebesar 70% yang dimana termasuk kategori tinggi, dan pada siklus III sebesar 88% persen dapat dikategorikan pada tingkatakn tinggi. Dengan demikian pemberian layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik asertif sangat memberikan peningkatan terhadap kemampuan berbicara siswa di SMP Negeri 17 Kota Jambi. Kata Kunci : Latihan Asertif, Kemampuan berbicara, bimbangan kelompok Speaking skills are the skills to pronounce articulatory sounds or pronounce words to tell, express, express, convey thoughts, ideas and feelings to others with the confidence to speak naturally, honestly, correctly, and responsible, as well as by eliminating psychological problems such as taste shame, low self-esteem, tension, heavy tongue, etc. The research aims to determine the increase in students' abilities speaking in front of the class through group guidance with assertive techniques. So that This research does not deviate from what was intended so it is limited by regarding efforts to improve students' ability to speak in front of the class with the techniques used in group guidance services are assertive techniques. This type of research is Service Action Research (PTL). The population in this study were students in class VII G at SMP Negeri 17 Jambi City as many as 33 students. Samples were taken from 10 people. Technique The sampling used in this research was purposive sampling with intrapolation reference as the percent determinant. Data collection tools and techniques are questionnaires, with a type of model dichotomous or discrete. The data analysis technique uses percentage analysis and PTL implementation procedures. From the research results it was found that cycle I was equal to 55% which is included in the medium category, cycle II is 70% which is included in the high category, and in cycle III it was 88% percent acceptable categorized at high level. Thus providing services group guidance using assertive techniques really provides improvement on students' speaking abilities at SMP Negeri 17 Jambi City. Keywords: Assertive training, speaking ability, group discussion

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: NOVITASARI
Date Deposited: 03 Jan 2024 07:25
Last Modified: 03 Jan 2024 07:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59324

Actions (login required)

View Item View Item