DESAIN E-MODUL BERBASIS RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AR (AUGMENTED REALITY) PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS VII SMPN 8 KOTA JAMBI

HARIFKI, IRVAN (2023) DESAIN E-MODUL BERBASIS RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AR (AUGMENTED REALITY) PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS VII SMPN 8 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (DESAIN E-MODUL BERBASIS RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AR (AUGMENTED REALITY) PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS VII SMPN 8 KOTA JAMBI)
COVER.pdf - Published Version

Download (21kB)
[img] Text (DESAIN E-MODUL BERBASIS RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AR (AUGMENTED REALITY) PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS VII SMPN 8 KOTA JAMBI)
Lembar Pengesahan,persetujuan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (DESAIN E-MODUL BERBASIS RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AR (AUGMENTED REALITY) PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS VII SMPN 8 KOTA JAMBI)
ABSTRAK IRVAN.pdf - Published Version

Download (29kB)
[img] Text (DESAIN E-MODUL BERBASIS RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AR (AUGMENTED REALITY) PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS VII SMPN 8 KOTA JAMBI)
BAB 1 IRVAN.pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text (DESAIN E-MODUL BERBASIS RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AR (AUGMENTED REALITY) PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS VII SMPN 8 KOTA JAMBI)
BAB 4 IRVAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (DESAIN E-MODUL BERBASIS RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AR (AUGMENTED REALITY) PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS VII SMPN 8 KOTA JAMBI)
skripsi Irvan Revisi Yudisiummm.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (DESAIN E-MODUL BERBASIS RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AR (AUGMENTED REALITY) PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS VII SMPN 8 KOTA JAMBI)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (143kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

ABSTRAK Harifki, Irvan. 2023. Desain E-Modul Berbasis RME (Realistic Mathematic Education) Menggunakan Teknologi AR (Augmented Reality) Pada Materi Bangun Datar Segiempat. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Drs. Sufri, M.Si. (II) Feri Tiona Pasaribu, M.Pd., CIT. Kata Kunci: Bangun Datar Segiempat ,Augmented Reality, Mathematic Education, E-modul, , Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan suatu bahan ajar berupa e-modul berbasis RME (Realistic Mathematic Education) Menggunakan Teknologi AR (Augmented Reality) pada materi bangun datar segiempat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yatu analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah Dosen pendidikan matematika Universitas Jambi sebagai tim ahli yang terdiri dari ahli materi dan ahli desain, guru matematika kelas VII SMP Negeri 8 Kota Jambi , serta peserta didik kelas VII G SMP Negeri 8 Kota Jambi. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa e-modul didesain dengan menggunakan aplikasi canva, isi materi bangun datar segiempat pada e- modul berbasis tahapan RME (realistic mathematic education) yaitu memahami masalah kontesktual, menjelaskan masalah kontesktual, menyelesaikan masalah kontekstual, membandingkan dan mendiskusikan jawaban, menyimpulkan,. E-modul yang didesain teknologi AR (Augmented Reality), contoh soal, evaluasi belajar setiap kegiatan belajar, evaluasi akhir dan kunci jawaban. E-modul yang didesain memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Presentase kevalidan e-modul dari ahlimateri adalah 93,33% (sangat valid) dan dari ahli desain adalah 83,07% (sangat valid). Presentase kepraktisan e-modul oleh guru yaitu 95,38% (sangat praktis) dan oleh peserta didik yaitu sebesar 93,58% (sangat praktis). Persentase kefektifan e-modul dari angket respon peserta didik 88,39% (sangat efektif), dan berdasarkan hasil tes hasil belajar diperoleh 81,48% . Peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya dapat mengembangkan e-modul yang lebih inovatif dan menarik bagi peserta didik dalam pembelajaran matematika.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bangun Datar Segiempat ,Augmented Reality, Mathematic Education, E-modul, ,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: HARIFKI
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:44
Last Modified: 04 Jan 2024 03:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59334

Actions (login required)

View Item View Item