Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigstion (GI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI Akl Pada Mata Pelajaran PPKn di SMKN 1 Bayung Lencir

Ayuni Febrianti, Putri (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigstion (GI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI Akl Pada Mata Pelajaran PPKn di SMKN 1 Bayung Lencir. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI PUTRI AYUNI (A1A319034) fiks.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (156kB)
[img] Text
halaman cover.pdf

Download (166kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (945kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (945kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (276kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (389kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Febrianti Putri, A. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI AKL Pada Mata Pelalajaran PPKn di SMKN 1 Bayung Lencir. Skripsi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Heri Usmanto, S.Pd., M.Pd. (II) Melisa, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif, Group Investigation. Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa PKn. Permasalahan penulisan ini yaitu guru belum memperkenalkan model pembelajaran yang menarik maupun inovatif untuk mendorong berpikir kreatif siswa, sehingga penulis merasa guru memerlukan inovasi dalam penggunaan model pembelajaran, salah satunya yakni model pembelajaran. Penelitian kelompok. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI AKL SMKN 1 Bayung Lencir pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental Design, One Group Pretest-Posttest dipakai sebagai desain penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Bayung Lencir. Populasi utama penelitian ini adalah siswa AKL kelas XI yang terdiri atas 3 (tiga) siswa yang berjumlah 102 siswa. Sampel penelitian ini dipilih secara random dan sampel kelas tes dipilih dari kelas XI AKL 2. Hasil penelitian ini diperoleh klasifikasi kemampuan berpikir kreatif siswa setelah dilakukan perlakuan mengalami kenaikan yang berarti dengan siswa yang memperoleh kategori sangat kreatif 11 siswa dengan persentase 31%, Kategori kreatif 15 siswa dengan persentase 43%, cukup kreatif sebanyak 8 siswa dengan persentase 23%, kategori kurang kreatif sebanyak 1 siswa dengan persentase 3%. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan memakai uji t didapatkan nilai thitung > ttabel (- 11, 825 > 2,035) denagn taraf 5% yang artinya model pembelajaran Group Investigation memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dan didapatkan nilai sig (2-tailed) pada kemampuan berpikir kreatif siswa adalah 0,000 < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Karena itulah, bisa disimpulkan yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Group Investigation
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: FEBRIANTI
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:09
Last Modified: 05 Jan 2024 03:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59418

Actions (login required)

View Item View Item