Kadiman, Kadiman (2023) PERANAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN ETOS KERJA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 6 TANJUNG JABUNG BARAT. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
NEW TESIS KADIMAN Cetak.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER TESIS KADIMAN.pdf Download (54kB) |
![]() |
Text
Abstrak Tesis Kadiman.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
BAB I KADIMAN TESIS.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
BAB V KADIMAN TESIS.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA KADIMAN TESIS.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAAN KADIMAN TESIS.pdf Download (424kB) |
Abstract
Kadiman (2023) Peranan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Etos Kerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMA Negeri 6 Tanjung Jabung Barat. Dr. Mohamad Muspawi,S.Pd.I.,M.Pd.I . Dr. Sofwan.,S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Etos Kerja Guru, Mutu Pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan kepemimpinan transformasional yang digunakan kepala sekolah dan etos kerja guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 6 Tanjung Jabung Barat, mengetahui apa saja kendala kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 6 Tanjung Jabung Barat, dan mengetahui apa solusi kepala sekolah dan guru dalam menyikapi kendala tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Tanjung Jabung Barat yang beralamat di Jalan lintas kuala Tungkal-Jambi KM 24 Kelurahan Mekar Jaya Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara,observasi dan dokumen. Tekhnik analisis penyajian data dimulai dari hasil pengumpulan seluruh data wawancara, observasi dan dokumen. Dilanjutkan dengan reduksi data hasil wawancara, observasi dan dokumen. Dilanjutkan dengan reduksi data, penyajian data dan ditarik kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data mengguanakan Triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peranan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 6 Tanjung Jabung Barat dengan Kepala sekolah memberikan tugas kepada setiap wakil-wakil di sekolah sesuai bidang masing-masing, Kepala sekolah memberikan inspirasi, arahan, nasehat, dukungan serta motivasi kepada para guru agar mampu mencapai mutu pembelajaran yang baik, Kepala sekolah sebagai pemimpin di sekolah menjalankan fungsinya dengan melakukan pendekatan secara persuasif, Sedangkan peran etos kerja guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran adalah Guru Disiplin saat mengajar, Guru terus mengupdate tekhnologi dan kekinian ilmu pengetahuan, Guru menggunakan media perangkat pembelajaran yang sesuai dengan topik atau tema yang diajarkan, Guru ikut kegiatan komunitas kelompok MGMP, Semangat juang yang tinggi dalam melakukan pembelajaran, dan Guru rajin mengikuti kegiatan pelatihan, webinar. Kendala kepala sekolah dan guru dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran adalah Masih ditemukan siswa yang semangat dan motivasi belajarnya masih cukup rendah,Perubahan kurikulum, Kemajuan Tekhnologi, keterbatasan saran dan prasarana di sekolah. sedangkan solusi yang digunakan untuk menyelesaikan kendala adalah memberikan motivasi, arahan, nasehat memenuhi kebutuhan sarana prasarana, dan melakukan coaching dan pelatihan terhadap para guru di sekolah, mengadakan rapat rutin guru, membentuk tim KKG
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Etos Kerja Guru, Mutu Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | KADIMAN |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 07:22 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 07:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59452 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |