ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS DI KELAS V SEKOLAH DASAR

ANDAYANI, NURLITA (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS DI KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS DI KELAS V SEKOLAH DASAR)
COVER..pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text (ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS DI KELAS V SEKOLAH DASAR)
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version

Download (312kB)
[img] Text (ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS DI KELAS V SEKOLAH DASAR)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (265kB)
[img] Text (ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS DI KELAS V SEKOLAH DASAR)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (401kB)
[img] Text (ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS DI KELAS V SEKOLAH DASAR)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (265kB)
[img] Text (ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS DI KELAS V SEKOLAH DASAR)
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version

Download (410kB)
[img] Text (ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS DI KELAS V SEKOLAH DASAR)
SKRIPSI_Nurlita Andayani (A1D119015).pdf - Published Version

Download (8MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Analisis kesalahan pada penelitian ini adalah menyelidiki kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika berdasarkan Newman’s Error Analysis yaitu metode untuk menganalisis kesalahan dalam soal pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika berdasarkan Newman Error Analysis di kelas V sekolah dasar, (2) faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika berdasarkan Newman’s Error Analysis di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN 14/I Sungai Baung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VB SDN 14/I Sungai Baung yang berjumlah 19 siswa. Subjek wawancara diambil 6 dari 19 siswa kelas VB, masing-masing terdiri atas 2 siswa dari kelompok atas, tengah, dan bawah. Pemilihan subjek wawancara dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengenai analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika berdasarkan Newman’s Error Analysis, dari kelima jenis kesalahan, siswa melakukan empat tahap kesalahan yaitu (1) kesalahan memahami masalah 42 kesalahan dengan persentase 21,87%, (2) kesalahan transformasi 27 kesalahan dengan persentase 14,06%, (3) kesalahan keterampilan proses 58 kesalahan dengan persentase 30,20%, (4) kesalahan penulisan jawaban akhir 65 kesalahan dengan persentase 33,85% dan siswa tidak melakukan kesalahan membaca masalah. Adapun penyebab yang dilakukan siswa yaitu tidak terbiasa menuliskan hal yang diketahui/ditanya, tidak memahami/memaknai masalah dalam soal, kurang terampil dalam melakukan proses perhitungan, kurang teliti/ceroboh, dan kesalahan pada tahap sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa siswa berusaha untuk mengimplementasikan prosedur Newman dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Namun, masih terjadi kesalahan dalam menyelesaikan soal. Kesalahan terbanyak yang terjadi pada siswa adalah kesalahan pada tahap penulisan jawaban akhir. Kesalahan tersebut disebabkan karena terjadi kesalahan pada tahap sebelumnya dan pada tahap membaca masalah tidak terajadi kesalahan. Kata Kunci: Kesalahan, Pemecahan Masalah, Newman’s Error Analysis

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan, Pemecahan Masalah, Newman’s Error Analysis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Andayani
Date Deposited: 05 Jan 2024 04:00
Last Modified: 05 Jan 2024 04:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59453

Actions (login required)

View Item View Item