Sonia, Hikmah (2023) IDENTIFIKASI KARAKTER GERAK TARI TRADISIONAL KERINCI (Studi Kasus: Tari Iyo Iyo, Asyek, dan Rangguk). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (25kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (420kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (331kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tari Iyo Iyo, Asyek, dan Rangguk merupakan tari tradisional yang selalu hadir di dalam kegiatan masyarakat dan telah menjadi bagian dari seni pertunjukan masyarakat. Dari ketiga tarian tersebut memiliki bentuk yang berbeda-beda dan juga memiliki karakter gerak yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur gerak dan juga karakter gerak dari Tari Iyo Iyo, Asyek, dan Rangguk. Penelitian ini menggunakan teori struktur dan teori karakteristik. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif yang bersifat desktiptif, dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara dokumentasi dan analisis data dengan menggunakan metode triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah karakter gerak dari ketiga tarian yaitu Tari Iyo Iyo, Asyek, dan Rangguk terdapat pada unsur gerak dan sikap yang mempunyai karakter gerak yang kuat karena dilakukan secara dinamis, energik, dan mempunyai suatu tekanan. Pada Tari Iyo Iyo unsur gerak paling dominan muncul yaitu pada gerakan kaki yang didominasi gerakan tangan. Kemudian gerakan yang paling dominan muncul pada Asyek yaitu gerakan menghentakkan kaki dan mengayunkan tangan. Selanjutnya gerak Rangguk yang paling dominan muncul yaitu gerakan lutut yang digerakkan ke kanan dan kiri dengan kaki dihentakkan dan kepala diangguk-anggukkan dan tangan mengayun ke atas. Ketiga tarian ini memiliki perbedaan yaitu pada unsur gerak kepala, badan, dan tangan, namun memiliki persamaan pada unsur gerak kaki. The traditional dances of Iyo Iyo, Asyek, and Rangguk are always present in community activities and have become integral parts of community performing arts. Among these three dances, each has its own distinct form and unique movement character. The purpose of this research is to understand the movement structure and character of the Iyo Iyo, Asyek, and Rangguk dances. This research employs the theories of structure and characteristics. The method utilized in this study is a qualitative descriptive method, with data collection techniques involving observation, documentary interviews, and data analysis using the triangulation method. The results of this research disclose that the movement character of the three dances, namely Iyo Iyo Dance, Asyek, and Rangguk, are present in the elements of motion and postures characterized by strong, dynamic, and energetic movements, along with a distinct sense of pressure. In Iyo Iyo Dance, the most dominant movement element that emerges is in the footwork, dominated by hand movements. Subsequently, the most dominant movement in Asyek is the stomping of feet and swinging of hands. Furthermore, the most dominant movement in Rangguk is the motion of the knees, swaying to the right and left with feet stomping, accompanied by nodding of the head and swinging of the hands upward. These three dances differ in terms of head, body, and hand movements, but share similarities in foot movements.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Identifikasi, Karakter gerak, Tari Iyo Iyo, Asyek, Rangguk |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Seni Drama Tari dan Musik |
Depositing User: | Sonia |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 02:53 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 02:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59462 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |