Mayalita, Wulan (2023) Rencana Pembelajaran Berbasis Case Study dan Media Flashcard pada Materi Hewan untuk Siswa Suku Anak Dalam (SAD). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Skripsi Full..pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (380kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (240kB) |
Abstract
Mayalita, Wulan. 2023. Rencana Pembelajaran Berbasis Case Study dan Media Flashcard pada Materi Hewan untuk Siswa Suku Anak Dalam (SAD). Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Ir. Bambang Hariyadi, M.Si., Ph.D. (II) Dr. Ervan Johan Wicaksana, S.Pd., M.Pd., M.Pd.I. CIT. Kata kunci: RPP, Flashcard, Case study, SAD. Suku Anak Dalam (SAD) memiliki pengetahuan mengenai berbagai jenis hewan yang hidup di hutan. Pengetahuan SAD mengenai hewan semakin terdegradasi karena adanya modernisasi dan interaksi dengan masyarakat luar yang semakin intensif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis case study dan media flashcard pada materi hewan, untuk mengetahui kelayakan RPP berbasis case study dan media flashcard, untuk mengetahui penilaian guru dan respon siswa terhadap pengembangan RPP case study dan media flashcard pada materi hewan untuk siswa Suku Anak Dalam (SAD). Jenis penelitian ini adalah R&D dengan menggunakan model 4D (Analyze, Design, Develop, Disseminate ). Penelitian ini dilakukan pada siswa Sekolah Halom Putri Tijah di kelas awal. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket validasi kepada ahli media dan ahli materi untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan, angket presepsi dosen dan uji coba siswa kepada 15 siswa. Hasil validasi RPP mendapatkan persentase akhir sebesar 93,3%, validasi ahli media mendapatkan persentase sebesar 96,7%, sedangkan validasi ahli materi mendapatkan persentase sebesar 95%. Selanjutnya hasil penilaian oleh guru sekolah Halom Putri Tijah terhadap produk RPP diperoleh respon 88,3% dengan kategori "sangat layak" dan terhadap media flashcard diperoleh respon 93,3% dengan kategori "sangat layak". Uji coba siswa kelompok kecil diperoleh respon 87,2% dengan kategori" sangat layak" dan uji coba siswa kelompok besar diperoleh respon 85,6% dengan kategori" sangat layak". Disimpulkan bahwa RPP berbasis case study dan media flashcard layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran pada materi hewan untuk siswa Suku Anak Dalam (SAD).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | RPP, Flashcard, Case study, SAD. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mayalita |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 02:38 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 02:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59526 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |