MAYASARI, DWI PENGEMBANGAN e-BOOK BERBASIS PETA KONSEP PADA MATERI TERMOKIMIA DI KELAS XI SMA. JURNAL PENGEMBANGAN e-BOOK BERBASIS PETA KONSEP PADA MATERI TERMOKIMIA DI KELAS XI SMA.
![]() |
Text
1. COVER.docx Download (69kB) |
|
![]()
|
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (72kB) |
|
![]() |
Text
12. BAB1.docx Download (34kB) |
|
![]() |
Text
16. BAB V .docx Download (15kB) |
Abstract
ABSTRAK Mayasari, Dwi 2018. “Pengembangan Bahan Ajar e-Book Berbasis Peta Konsep Pada Materi Termokimia di Kelas XI SMA Kota Jambi”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Epinur, M.Si (II) Prof. Dr. rer. nat. Asrial. M.Si Kata kunci : Bahan Ajar e-Book, Peta Konsep, Termokimia Bahan ajar merupakan komponen yang penting dalam proses pembelajaran. Keterbatasan bahan ajar memberikan hasil yang kurang optimal dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi, bahan ajar dapat dikembangkan dalam bentuk elektronik seperti buku elektronik (e-book). Dalam pembelajaran kimia terdapat konsep-konsep materi yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep tersebut, maka penggunaan peta konsep dalam bahan ajar perlu dikembangkan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar e-book berbasis peta konsep pada materi termokimia di Kelas XI Kota Jambi dan mengetahui tanggapan guru serta respon siswa terhadap produk e-Book yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi kerangka pengembangan ADDIE. Ada 5 tahapan utama dalam penelitian ini terdiri dari tahap, analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli media dan materi, selanjutnya diminta tanggapan guru terhadap produk yang dikembangkan dan setelah itu diujicobakan pada kelompok kecil yakni sepuluh orang siswa kelas XI IPA SMA PGRI 2 Kota Jambi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah bahan ajar e-Book berbasis peta konsep. Produk tersebut divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Validasi masing-masing dilakukan sebanyak dua kali untuk validasi media dan materi. Hasil validasi ahli media dan materi dinyatakan layak untuk diujicobakan. Selanjutnya, untuk tanggapan guru diperoleh sangat baik sehingga bahan ajar e-Book yang dikembangkan layak untuk digunakan. Hasil respon siswa kelas XI IPA SMA PGRI 2 Kota Jambi diperoleh persentase 85,09% (sangat baik). Berdasarkan proses pengembangan mulai dari validasi media maupun materi dan hasil penelitian, secara keseluruhan disimpulkan bahwa bahan ajar e-Book ini layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Depositing User: | DWI MAYASARI |
Date Deposited: | 13 Nov 2018 03:48 |
Last Modified: | 13 Nov 2018 03:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5955 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |