Rani, Rani (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XI Di SMAN 11 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (239kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (120kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (135kB) |
|
Text
SKRIPSI RANI A1A319012.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
cover rani.pdf Download (180kB) |
Abstract
Rani 2023 “Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Berfikir Reflektif Siswa Pada Mata Pelajaran PPkn Kelas XI di SMAN 11 Kota Jambi”. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. M. Salam, M.Si. dan (II) Heri Usmanto, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Think Talk Write, Kemampuan Berfikir Reflektif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir reflektif siswa. yang hanya mencapai persentase 35% “kurang Reflektif”. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang diberikan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga menyebabkan banyak siswa yang kesulitan dalam mengingat kembali, mengidentifikasi dan menganalisis soal, menafsirkan, mengevaluasi serta mengambil sebuah keputusan dalam ide gagasannya sendiri dari setiap pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Berfikir Reflektif Siswa Pada Mata Pelajaran PPkn Kelas XI di SMAN 11 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian True eksperiment design. Rancangan penelitian yang digunakan Posttest Only Control Design.Dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah kelas XI SMA N 11 Kota Jambi yang berjumlah 246 orang siswa, yaitu kelas XI F1 sebagai kelas esperimen dan XI F5 sebagai kelas kontrol.Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa soal posttest. Hasil penelitian ini diperoleh, rata-rata kelas eksperimen adalah sebesar 78% dengan kategori “Reflektif” dan rata-rata kelas kontrol adalah sebesar 57% dengan kategori “Cukup Reflektif”. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel sebesar 8.572>1.994 pada taraf 5% yang artinya model pembelajaran Think Talk Write memiliki pengaruh terhadap kemampuan berfikir reflektif siswa dan diperoleh nilai sig (2-tailed) pada kemampuan berpikir reflektif adalah sebesar 0,000<0,05, oleh karena itu Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan yang dapat diambil adalah “Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Berfikir Reflektif Siswa Pada Mata Pelajaran PPkn Kelas XI di SMAN 11 Kota Jambi”.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Think Talk Write, Kemampuan Berfikir Reflektif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | Rani |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 07:40 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 07:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59676 |
Actions (login required)
View Item |