ASNAWITA, FITRIA PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA BERDASARKAN KOMUNIKASI MENURUT ANALISIS TRANSAKSIONAL KELAS XI DI SMA N 11 KOTA JAMBI. BIMBINGAN DAN KONSELING. (Submitted)
Text
ARTIKEL ILMIAH fitria.pdf Download (400kB) |
Abstract
ABSTRAK Asnawita, F. 2018 :“Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Berdasarkan Komunikasi Menurut Analisis Transaksional Kelas XI di SMA N 11 Kota Jambi” Pembimbing I : Dr. Akmal Sutja, M.Pd Pembimbing II : Drs. Nelyahardi, M.Pd Prestasi belajar adalah perubahan atau bentuk kemampuan siswa dari proses belajar yang dijalani yang membuktikan terjadinya perubahan dari tidak tahu menjadi tahu serta dapat memahami, memecahkan, menalar dan lebih terampil dalam proses belajar mengajar sehingga menuju perubahan yang positif. Dalam pencapaian hasil belajar atau prestasi belajar yang maksimal, tidak hanya di dukung oleh kemampuan intelegensi saja, namun kemampuan berinteraksi sosial atau berkomunikasi juga dapat menunjang pencapaian prestasi yang di inginkan. Berdasarkan penjabaran di atas, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang perbedaan prestasi belajar siswa dengan judul : “Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Berdasarkan Komunikasi Menurut Analisis Transaksional kelas XI di SMA N 11 Kota Jambi”. Mengingat banyaknya jenis komunikasi menurut analisis transaksional, pada penelitian ini terbatas pada ego state yang digunakan dalam komunikasi yaitu : 1) ego state orang tua (parent), 2) ego state dewasa (adult), dan 3) ego state anak-anak (child). Hal tersebut sesuai dengan yang di sebutkan Sutja (2016: 89-90) bahwa “...manusia memiliki berbagai bentuk kondisi ego, status ego atau disebutnya ego state yang terdiri dari tiga macam yaitu : orang tua (parent), dewasa (adult), dan anak-anak (child). Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI di SMA N 11 Kota Jambi yang berjumlah 87 siswa. Jenis penelitian ini adalam penelitian komparatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil pengolahan data melalui uji t-test dan uji Bartlett dan di dapat hasil X^2hitung sebesar 39,61 dan X^2tabel (86:0,05) sebesar 108,648. Data dikatakan homogen apabila X^2hitung lebih kecil dari X^2tabel, maka dari penjabaran di atas, maka dapat di tafsirkan kedua data adalah homogen. Hasil penelitian ini memberi saran kepada tenaga pendidik agar dapat memiliki gambaran luas tentang bentuk komunikasi yang di gunakan siswa sehingga lebih memahami yang dimaksud oleh siswa sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, dan guru pembimbing dapat memberikan layanan BK sesuai dengan teknik-teknik yang dikuasai sehingga siswa dapat mengatasi permasalahannya. Sehingga prestasi belajar tidak hanya di anggap di tunjang oleh kemampuan akademik saja, namun kemampuan berkomunikasi juga menunjang pencapaian prestasi belajar yang maksimal. Kata Kunci : Komunikasi, Analisis Transaksional
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | FITRIA ASNAWITA |
Date Deposited: | 14 Nov 2018 01:36 |
Last Modified: | 14 Nov 2018 01:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5972 |
Actions (login required)
View Item |