PENGARUH EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI SISWA SMA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

Fatonah, Uci PENGARUH EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI SISWA SMA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika.

[img] Text
TESIS UCI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (93kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PENGESAHAN.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (259kB)

Abstract

Fatonah, Uci. 2024. Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Siswa SMA terhadap Pemahaman Konsep pada Materi Usaha dan Energi: Tesis, Program Studi Magister Pendidikan IPA, Pascasarjana, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Prof. Drs. Maison, M.Si., Ph.D. (II) Dr. Ervan Johan Wicaksana, S.Pd., M.Pd., M.Pd.I., CIT. Dalam mencapai kompetensi pembelajaran fisika, seringkali dihadapi berbagai hambatan, termasuk kesalahan dalam proses memahami konsep yang diajarkan oleh guru. Pemahaman konsep fisika dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah tingkat efikasi diri dan motivasi siswa. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian yang mengungkapkan pengaruh efikasi diri dan motivasi siswa terhadap pemahaman konsep fisika salah satunya konsep usaha dan energi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efikasi diri siswa dalam belajar fisika, motivasi siswa dalam belajar fisika, pemahaman konsep siswa pada materi fisika, dan mengetahui pengaruh efikasi diri siswa terhadap pemahaman konsep materi usaha dan energi, mengetahui pengaruh motivasi siswa terhadap pemahaman konsep materi usaha dan energi, serta untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan motivasi siswa terhadap pemahaman konsep usaha dan energi. Desain penelitian yang digunakan yaitu mixed method dengan rancangan sequential explanatory. Subjek penelitian berjumlah 106 orang siswa yang diambil menggunakan teknik total sampling. Data kuantitatif didapat melalui proses pengisian dan analisis angket efikasi diri, angket motivasi siswa serta tes diagnostik berupa pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata efikasi diri dengan tiga indikator pada mata pelajaran fisika khususnya materi usaha dan energi dominan pada kategori “sangat baik” di SMA Negeri 7 Bungo maupun di SMA Negeri 16 Bungo. Motivasi siswa dengan tiga indikator rata-rata dominan pada kategori “cukup” di SMA Negeri 7 Bungo dan “baik” di SMA Negeri 16 Bungo. Pemahaman konsep siswa pada materi usaha dan energi di SMA Negeri 7 Bungo dominan pada kategori “cukup” dan di SMA Negeri 16 Bungo pada kategori “baik”. Efikasi diri berpengaruh terhadap pemahaman konsep usaha dan energi dengan hasil uji t sig < 0.05. Motivasi siswa berpengaruh terhadap pemahaman konsep usaha dan energi dengan hasil uji t sig < 0.05. Efikasi diri dan motivasi siswa berpengaruh terhadap pemahaman konsep usaha dan energi sebesar 67% dengan uji F sig < 0.05. Selanjutnya dilakukan pengambilan data kualitatif untuk memperkuat hasil penelitian kuantitatif dimana siswa menyatakan semakin besar efikasi dan motivasi yang siswa miliki maka siswa semakin giat belajar sehingga akan meningkatkan pemahaman konsep yang dimiliki. Implikasi penelitian ini diharapkan membantu guru dalam mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman konsep fisika diantaranya efikasi diri dan motivasi siswa, sehingga dapat meningkatkan kinerja siswa dan tercapainya tujuan pembelajaran yang maksimal. Kata kunci: Efikasi diri, motivasi siswa, pemahaman konsep, usaha dan energi

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Uci Fatonah
Date Deposited: 09 Jan 2024 06:59
Last Modified: 09 Jan 2024 06:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59855

Actions (login required)

View Item View Item