Afdloli, Mohammad Ikhwan (2024) DETERMINASI INDEKS PENDIDIKAN DAN STRATEGI PENINGKATANNYA DI PROVINSI JAMBI. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
TESIS DOLI FINAL AKHIR (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
KESIMPULAN.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan ..pdf Download (834kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi indeks pendidikan Provinsi Jambi, serta strategi peningkatan indeks pendidikan Provinsi Jambi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dimana yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi, Dinas Pendidikan, dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Jambi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif dan analisis deskriptif. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa faktor-faktor yang dapat mempengaruhi indeks pendidikan Provinsi Jambi selama periode 2002-2022 meliputi; pendapatan per�kapita, Angka Partisipasi Sekolah (APS), Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik bidang pendidikan, dan pengeluaran pemerintah bidang pendidikan. Berdasarkan hasil analisis faktor strategis internal dan hasil analisis faktor strategis eksternal didapatkan bahwa model strategi yang paling tepat utuk diterapkan dalam meningkatkan indeks pendidikan Provinsi Jambi yaitu strategi Kekuatan-Peluang (SO), yang mencakup; (1) mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan bagi seluruh masyarakat di wilayah pedesaan, (2) pemerataan jumlah guru dan tenaga kependidikan di Kota dan Kabupaten di Provinsi Jambi, (3) peningkatan efektivitas pengendalian dan audit terhadap sarana dan prasarana di sekolah, (4) meningkatkan efektivitas proses pembelajaran di sekolah melalui pengadaan sarana dan prasarana yang disertai dengan peningkatan kualitas tenaga kependidikan, (5) melakukan kerjasama dalam bidang sosial dengan masyarakat sekitar, guna mengupayakan lokasi sekolah yang nyaman, sehingga terciptanya lingkungan belajar yang kondusif, dan (6) memanfaatkan semaksimal mungkin sarana belajar dan fasilitas penunjang yang ada dalam kegiatan belajar mengajar guna meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik guna menghasilkan output lulusan yang bermutu, sehingga dapat terciptanya jalinan kemitraan sekolah dengan lembaga lain yang relevan dalam pemanfaatan output lulusannya. Berdasarkan hasil temuan ini untuk meningkatkan indeks pendidikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik bidang pendidikan, disarankan pemerintah daerah agar meningkatkan kapasitas operator dapodik dalam verifikasi data sarana dan prasarana sekolah melalui pendidikan dan pelatihan, serta koordinasi yang lebih baik antara Dinas Pendidikan dan semua Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam pelaporan dan pengajuan kebutuhan sarana dan prasarana sekolah. Kata Kunci: strategi, indeks pendidikan, determinansi Alamat Korespondensi: ikhwanafdloli@gmail.com
Actions (login required)
![]() |
View Item |