Campur Kode Dalam Interaksi Sosial Jual Beli Pedagang Dan Pembeli Di Pasar Blok D Pandan Jaya Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Hidayah, Nurul (2023) Campur Kode Dalam Interaksi Sosial Jual Beli Pedagang Dan Pembeli Di Pasar Blok D Pandan Jaya Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK..pdf

Download (69kB)
[img] Text
BAB I..pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB V..pdf

Download (71kB)
[img] Text
COVER..pdf

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (113kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI..pdf

Download (15MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN..pdf

Download (813kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Hidayah, Nurul. 2023. Campur Kode Dalam Interaksi Sosial Jual Beli Pedagang dan Pembeli di Pasar Blok D Pandan Jaya Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Drs. Andiopenta Purba, M.Hum. (II) Dr. Akhyaruddin, M.Hum. Kata Kunci: campur kode, bentuk, fungsi, pasar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk campur kode dan fungsi campur kode yang terjadi di Pasar Blok D Pandan Jaya Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode teknik rekam dan teknik catat. Adapun penelitian ini menggunakan metode deskriptif berbentuk kualitatif, dengan mengklasifikasi, menganalisis serta mendeskripsikan bentuk campur kode serta fungsi campur kode dalam interaksi pedagang dan pembeli. Hasil penelitian yang ditemukan adanya campur kode bahasa Sunda, bahasa Melayu, bahasa Jawa dan bahasa Minang dalam berkomunikasi. Penyisipan tersebut berbentuk kata, kata berimbuhan awalan dan kata berimbuhan akhiran. Selanjutnya fungsi campur kode dalam interaksi sosial jual beli pedagang dan pembeli di Pasar Blok D Pandan Jaya Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur ialah dengan adanya tuturan pedagang yang menggunakan bahasa utama mereka bertujuan untuk menunjukkan identitasnya, menarik perhatian pembeli, untuk kelangsungan komunikasi dengan pembeli agar terdengar lebih akrab, serta bagi pembeli bertujuan mendapatkan harga paling murah dari pedagang.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Campur kode, bentuk, fungsi, pasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Hidayah
Date Deposited: 10 Jan 2024 07:01
Last Modified: 10 Jan 2024 07:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59948

Actions (login required)

View Item View Item