NUR MARTANTI, SEPTINA PENGEMBANGAN e-BOOK BERBASIS PETA KONSEP PADA MATERI KIMIA UNSUR DI KELAS XII SMA. JURNAL PENGEMBANGAN e-BOOK BERBASIS PETA KONSEP PADA MATERI KIMIA UNSUR DI KELAS XII SMA.
![]() |
Text
COVER.docx Download (64kB) |
|
![]()
|
Image
PENGESAHAN.jpeg Download (118kB) | Preview |
|
![]() |
Text
0. DAFTAR ISI.docx Download (52kB) |
|
![]() |
Text
1. SE bissmillah BAB I.docx Download (65kB) |
|
![]() |
Text
5. SE bissmillah BAB V.docx Download (37kB) |
Abstract
ABSTRAK Martanti, Septina Nur 2018. “Pengembangan e-Book Berbasis Peta Konsep pada Materi Kimia Unsur di Kelas XII SMA ”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Prof. Dr. rer. nat., Asrial, M.Si (II) Dr. Epinur., M.Si Kata kunci : Peta Konsep, Bahan ajar e-Book, Kimia Unsur Pembelajaran berbasis peta konsep merupakan strategi pembelajaran yang sudah dilakukan oleh beberapa guru yaitu dengan cara menggerakan siswa untuk menemukan konsep dalam pengetahuan kimia melalui sebuah bahan ajar. Dengan kemajuan teknologi, bahan ajar dapat dikembangkan ke dalam bentuk elektronik yaitu berupa ¬e-Book. Penyajian materi dalam e-book dapat dilengkapi dengan animasi, audio, video, teks dan link dengan menggunakan software 3D PageFlip. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-Book berbasis peta konsep pada materi Kimia Unsur di kelas XII SMA dan mengetahui tanggapan guru serta respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan. e-Book berbasis peta konsep ini memudahkan siswa untuk menemukan konsep-konsep dari pembelajaran kimia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Ada 5 tahapan utama dalam penelitian ini terdiri dari tahap, analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli media dan materi selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil yakni sepuluh orang siswa kelas XII MIA SMAN 5 Kota Jambi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah bahan ajar e-Book berbasis peta konsep yang telah melalui tahap validasi media, materi, dan penilaian guru masing-masing diperoleh jumlah skor jawaban sebesar 85 (sangat baik); 70 (sangat baik); dan 101 (sangat baik) selanjutnya persentase skor respon siswa diperoleh sebesar 92,5% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian untuk kelayakan produk melalui proses validasi media, materi, penilaian guru, dan respon siswa, secara keseluruhan disimpulkan bahwa bahan ajar e-Book ini layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Depositing User: | SEPTINA NUR MARTANTI |
Date Deposited: | 16 Nov 2018 09:12 |
Last Modified: | 16 Nov 2018 09:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5996 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |