manik, rosmaria and Asyhar, M.Si, Prof. Dr. rer. nat. rayandra and muhaimin, MS.i, Prof. Dr. rer. nat and herlambang, Sp. OG, KFM, Dr. herlambang (2024) pengembangan model pembelajaran problem based learning (PBL) normal delivery untuk meningkatkan kemampuan task kill mahasiswa pada mata kuliah asuhan kebidanan persalinan. S3 thesis, tarbiat modares university journals system.
Text
COVERT.pdf Download (113kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (212kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (256kB) |
|
Text
ABSTRAK (1).pdf Download (85kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (419kB) |
|
Text
DISERTASI ROSMARIA.pdf Download (15MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar mahasiswa salah satu factor penyebabnya adalah penerapan model pembelajaran yang tidak tepat. Pemilihan model pembelajaran yang tepat juga berpengaruh pada hasil belajar mahasiswa. Model yang tepat dalam pembelajaran serta inovatif dapat meningkatkan kreativitas, minat, serta motivasi belajar yang tinggi dari mahasiswa. Pembelajaran model PBL ini merupakan model pembelajaran dengan strategi pembelajaran berpusat pada mahasiswa dapat mengembangkan pembelajaran secara aktif yang diikuti dengan keterampilan terutama dalam pemecahan masalah serta adanya pengetahuan yang diperoleh dari pemecahan masalah. Penelitian ini dilakukan dalam 2 tahap, tahap pertama pengembangan konseptual yakni mengembangkan model pembelajaran PBL normal delivery dan dilanjutkan dengan implementasi pembelajaran yakni dengan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan model pembelajaran problem based learning (PBL) normal delivery untuk meningkatkan task skill pada mahasiswa vokasi kebidanan Poltekes Jambi, mendeskripsikan validitas model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan task skill pada mahasiswa vokasi kebidanan Poltekes Jambi, dan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem based learning (PBL) normal delivery untuk meningkatkan task skill pada mahasiswa vokasi kebidanan Poltekes Jambi Analisis data menggunakan dua tahapan, yaitu analisis prosedur pengembangan konseptual melalui proses konstruksi dan validasi serta analisis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan kepada 38 responden mahasiswa kebidanan semester III Politeknik kesehatan Jambi dan penelitian tindakan kelas yang dilakukan terdiri dari 2 siklus tindakan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa prosedur penyusunan konsep dan hasil analisis tahapan pengembangan model PBL normal delivery yang terdiri sintaks pembelajaran yang didukung oleh perangkat pembelajaran, hasil analisis validasi internal dan eksternal, serta tahapan proses implementasi model normal delivery. Selanjutnya penelitian tindakan kelas dilakukan melalui 2 siklus dan mendapatkan hasil efektif diterapkan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan task skill mahasiswa.
Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MANIK |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 03:20 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 03:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59965 |
Actions (login required)
View Item |