Hasiibunnisa, Hasna (2024) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA SISWA DISKALKULIA. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text (ANALISIS KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA SISWA DISKALKULIA)
Cover.pdf - Published Version Download (23kB) |
|
Text (ANALISIS KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA SISWA DISKALKULIA)
Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version Download (87kB) |
|
Text (ANALISIS KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA SISWA DISKALKULIA)
Abstrak.pdf - Published Version Download (127kB) |
|
Text (ANALISIS KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA SISWA DISKALKULIA)
BAB 1.pdf - Published Version Download (139kB) |
|
Text (ANALISIS KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA SISWA DISKALKULIA)
BAB 5.pdf - Published Version Download (54kB) |
|
Text (ANALISIS KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA SISWA DISKALKULIA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (192kB) |
|
Text (ANALISIS KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA SISWA DISKALKULIA)
Skripsi Hasna Hasiibunnisa (A1C220064).pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan banyaknya ditemukan gangguan belajar pada siswa di sekolah dalam memahami dan mencapai keberhasilan dalam pelajaran matematika, salah satunya adalah diskalkulia. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana keterampilan proses siswa diskalkulia dalam memecahkan masalah matematika berbasis etnomatematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa yang bersekolah di SLBN prof. Dr. Sri soedewi masjchun sofwan, S.H. dimana memiliki kriteria yaitu mangalami ganguan belajar diskalkulia. Subjek akan diberikan tes pemecahan masalah berbasis etnomatematika yang diiringi dengan wawancara seputar langkah dalam memecahkan masalah pada soal. Hasil penelitian diperoleh dua subjek penelitian (S1 dan S2) dimana kedua subjek telah melakukan langkah-langkah pemecahan masalah polya yaitu memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Kesimpulan penelitian yang telah dilakukan terhadap 2 orang siswa diskalkulia kelas 6 di SLBN prof. Dr. Sri soedewi masjchun sofwan, S.H. adalah terdapat siswa yang memiliki gangguan belajar diskalkulia yang rendah dan gangguan belajar diskalkulia yang tinggi dimana dari hasil analisis terhadap keterampilan proses pemecahan masalah berbasis etnomatematika pada kedua subjek penelitian ini memenuhi kesepuluh indikator keterampilan proses yaitu proses mengamati, menghitung, mengukur, mengklasifikasi, menemukan hubungan, membuat prediksi, melaksanakan percobaan, menganalisis data, menginterpretasikan data, dan mengomuniksan hasil.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | HASIIBUNNISA |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 07:27 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 07:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59980 |
Actions (login required)
View Item |