PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS APLIKASI TIKTOK UNTUK SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH

Putri, Anggie Adilla (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS APLIKASI TIKTOK UNTUK SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB SATU.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB LIMA.pdf

Download (340kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (244kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (457kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (14MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Perkembangan teknologi begitu pesat bahkan mempengaruhi segala aspek kehidupan, tidak terkecuali aspek pendidikan. Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan menunjang proses pembelajaran menjadi lebih baik sehingga tercapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video berbasis Aplikasi TikTok untuk Siswa SMA Kelas XI pada materi Sistem Peredaran Darah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research & Development). Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan ASSURE yang terdiri dari 6 tahapan yaitu: 1) Menganalisis Pembelajar, 2) Menyatakan Standar dan Tujuan, 3) Memilih Strategi, Teknologi, Media, dan Materi, 4) Menggunakan Teknologi, Media, dan Material, 5) Mengharuskan Partisipasi Pembelajar, 6) Mengevaluasi dan Merevisi. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran video Berbasis Aplikasi TikTok. Hasil validasi ahli media memperoleh persentase 90,62% dengan kategori “Sangat Layak”, selanjutnya hasil validasi materi diperoleh persentase 93,75% dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil respon guru diperoleh persentase sebesar 97,91% dengan kategori “Sangat Baik” dan Uji coba siswa kelompok kecil dengan persentase 93,55% kategori “Sangat Baik” dan uji coba kelompok besar didapatkan persentase 90,33% dengan kategori “Sangat Baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video berbasis Aplikasi TikTok yang dikembangkan dalam penelitian ini layak untuk digunakan pada pembelajaran biologi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Video Pembelajaran, Tiktok, SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:22
Last Modified: 11 Jan 2024 03:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59989

Actions (login required)

View Item View Item