Kinerja Guru Madrasah (Analisis Pengaruh Self Esteem, Motivasi Kerja dan Komunikasi Organisasi Melalui Kepuasan Kerja pada Guru Madrasah Aliyah Negeri Kota Sungai Penuh)

Muhd.Odha, Meditamar (2024) Kinerja Guru Madrasah (Analisis Pengaruh Self Esteem, Motivasi Kerja dan Komunikasi Organisasi Melalui Kepuasan Kerja pada Guru Madrasah Aliyah Negeri Kota Sungai Penuh). S3 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (62kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (55kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (372kB)
[img] Text
Full Disertasi M. Odha.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Lembar Pengesahan .pdf

Download (280kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni untuk menguji pengaruh langsung self-esteem, motivasi kerja dan komunikasi organisasi terhadap kinerja, maupun tidak langsung melalui variabel kepuasan kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei korelasional untuk menguji pengaruh antar variabel. Sebanyak 123 guru dari 2 sekolah menjadi populasi dalam penelitian ini. Selanjutnya dengan menggunakan teknik simple random sampling diperoleh sebanyak 92 guru sebagai sampel. Instrumen yang peneliti gunakan untuk mengumpulkan data di antaranya instrumen penilaian kinerja guru yang peneliti kembangkan berdasarkan 14 butir kompetensi guru, Minnesota Satisfaction Questionnaire (MSQ), Rosenberg SelfEsteem Scale (RSE), Multidimensional Work Motivation Scale (MWMS), dan Organizational Communication Scale. Data penelitian akan diuji dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) PLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) tidak terdapat pengaruh self-esteem terhadap kinerja guru; 2) terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 22,7%%; 3) terdapat pengaruh komunikasi organisasi terhadap kinerja guru sebesar 28,6%%; 4) terdapat pengaruh self-esteem terhadap kepuasan kerja sebesar 42,4%; 5) terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kepuasan kerja sebesar 22,6%; 6) terdapat pengaruh komunikasi organisasi terhadap kepuasan kerja 33,1%; 7) terdapat pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru sebesar 34,8%; 8) terdapat pengaruh self-esteem terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening sebesar 14,7%; 9) terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening sebesar 7,9%; dan 10) terdapat pengaruh komunikasi organisasi terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening sebesar 11,5%. Terdapat beberapa keterbatasan dalam penelitian ini, seperti jumlah responden yang masih terbatas. Selain itu model jalur yang dirumuskan juga belum terlalu kompleks, padahal masih terdapat beberapa faktor lain yang mempengaruhi kinerja guru. Namun demikian hasil penelitian ini memiliki implikasi terhadap pengambilan kebijakan terkait peningkatan kinerja guru. Pimpinan sekolah perlu mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru, selanjutnya memberikan intervensi peningkatan kinerja guru baik melalui in-job training maupun off-job training.

Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru, Kepuasan Kerja, Self-Esteem, Motivasi Kerja, Komunikasi Organisasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S3 Kependidikan
Depositing User: Meditamar
Date Deposited: 11 Jan 2024 01:22
Last Modified: 11 Jan 2024 01:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60002

Actions (login required)

View Item View Item