Kreativitas dan Kredibilitas Konten Beserta Faktor-faktor yang dipengaruhinya dalam pengelolaan instagram fakultas sains dan teknologu : aplikasi dari teori SOR

zafira, dyandra (2024) Kreativitas dan Kredibilitas Konten Beserta Faktor-faktor yang dipengaruhinya dalam pengelolaan instagram fakultas sains dan teknologu : aplikasi dari teori SOR. S1 thesis, https://repository.unja.ac.id/.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (68kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (90kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (50kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (67kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (46kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (407kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (513kB)
[img] Text
ini LAPORAN SKRIPSI DYANDRA ZAFIRA FINALE pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (936kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan mengetahui faktor-faktor yang dipengaruhi oleh kreativitas dan kredibilitas konten dalam pengelolaan instagram institusi dan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah kreativitas dan kredibilitas konten yang diterapkan dalam akun instagram institusi fst unja. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teori komunikasi behaviorisme guna mengetahui perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman menggunakan model stimulus, organism, dan respon (SOR). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik angket dengan jumlah 238 responden yang merupakan Sivitas Akademika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi yang mengikuti akun instagram @fst_unja. Alat uji analisis yang digunakan adalah SmartPLS 3.0 dengan metode analisis SEM (Structural EquationModeling). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas konten merupakan variabel penting dalam pengelolaan instagram institusi karena berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengguna untuk merasakan emosi positif, komitmen afektif, dan keinginan berinteraksi. Pada kredibilitas konten dan emosi positif terdapat perbedaan hasil terhadap keinginan berinteraksi karena hasilnya yang positif namun tidak signifikan. Hal ini berarti yang dipengaruhi positif dan signifikan oleh kredibilitas konten hanyalah emosi positif dan komitmen afektif pengguna. Kata Kunci: Kreativitas dan Kredibilitas, SOR, instagram ABSTRACT Summary This study was conducted to analyze and find out the factors influenced by creativity and credibility of content in the management of institutional Instagram and the focus of this study is the creativity and credibility of content applied in the Instagram account of the FST Unja institution. The study was conducted using behaviorism communication theory to determine changes in behavior as a result of experience using stimulus, organism, and response (SOR) models. . The sampling technique used a questionnaire technique with a total of 238 respondents who were Academicians of the Faculty of Science and Technology, Jambi University who followed @fst_unja Instagram account. The analysis test tool used is SmartPLS 3.0 with SEM (Structural EquationModeling) analysis method. The results of this study show that content creativity is an important variable in the management of institutional Instagram because it has a positive and significant effect on users to feel positive emotions, affective commitment, and desire to interact. In the credibility of the content and positive emotions, there are differences in results on the desire to interact because the results are positive but not significant. This means that all that is positively and significantly influenced by the credibility of the content are the positive emotions and affective commitment of the user. Keywords: Creativity and Credibility, SOR, instagram

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Creativity and Credibility, SOR, instagram
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Zafira
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:23
Last Modified: 11 Jan 2024 07:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60008

Actions (login required)

View Item View Item