Yenzi, Indah Pristy (2024) Pengembangan Buku Komik Matematika Berbasis Budaya Jambi Menggunakan Problem Based Learning untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. S1 thesis, Pendidikan Matematika.
![]() |
Text
SKRIPSI Indah Pristy Yenzi (A1C220010).pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
Cover Skripsi Indah Pristy Yenzi (A1C220010).pdf Download (398kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan Skripsi Indah Pristy Yenzi (A1C220010).pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Abstrak Skripsi Indah Pristy Yenzi (A1C220010).pdf Download (503kB) |
![]() |
Text
BAB I Skripsi Indah Pristy Yenzi (A1C220010).pdf Download (726kB) |
![]() |
Text
BAB V Skripsi Indah Pristy Yenzi (A1C220010).pdf Download (509kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka Skripsi Indah Pristy Yenzi (A1C220010).pdf Download (419kB) |
Abstract
Yenzi, Indah Pristy. 2023. Pengembangan Buku Komik Berbasis Budaya Jambi Menggunakan Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Mujahidawati, M.Si., (II) Novferma, S.Pd., M.Pd., Kata kunci : Buku Komik Matematika, Budaya Jambi, Problem Based Learning, Literasi Matematis Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan kualitas buku komik matematika berbasis budaya Jambi menggunakan problem based learning untuk mengembangkan kemampuan literasi matematis siswa SMP ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah dosen Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim ahli validasi, guru matematika dan siswa kelas VIII.1 SMPN 21 Batanghari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku komik matematika berbasis budaya Jambi menggunakan problem based learning untuk mengembangkan kemampuan literasi matematis siswa berdasarkan segi kualitas yang meliputi valid, praktis dan efektif memperoleh tingkat kevalidan pada aspek materi sebesar 91,20% dengan kategori sangat valid, dan pada aspek desain sebesar 85,30% dengan kategori sangat valid. Tingkat kepraktisan dilihat dari angket praktikalitas oleh guru diperoleh persentase sebesar 98% dengan kategori sangat praktis, dan tingkat kepraktisan dari angket praktikalitas oleh siswa diperoleh persentase sebesar 94,67% dengan kategori sangat praktis. Tingkat keefektian berdasarkan hasil angket efektifitas oleh siswa diperoleh persentase sebesar 94,88% dengan kategori sangat efektif, serta tingkat keefektifan berdasarkan hasil kemampuan literasi matematis diperoleh skor rata-rata sebesar 79,72 dengan kategori sedang. Adapun hasil rata-rata N-Gain sebesar 0,74 dengan kategori peningkatan tinggi, serta persentase keefektifan N-Gain sebesar 74% yang berada dalam kategori cukup efektif. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan literasi matematis siswa dapat dikembangkan dengan buku komik matematika berbasis budaya Jambi menggunakan problem based learning.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Yenzi |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 03:14 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 03:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60013 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |