Khairani, Fakhira (2022) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Aplikasi Primary Care (P-Care) pada Petugas Puskesmas Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (754kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (753kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (826kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (720kB) |
Abstract
Latar Belakang : Informasi dalam kesehatan merupakan dasar pengambilan keputusan dalam pembangunan sistem kesehatan. Pengelolaan informasi yang digabungkan dengan teknologi merupakan kebutuhan pokok untuk meningkatkanefektivitas dan efisiensi sistem informasi kesehatan.Akhir-akhir ini kegagalan implementasi sistem informasi elektronik tidak hanya disebabkan oleh kualitas aspek teknis, tetapi juga perilaku pengguna. Kepuasan pengguna tidak berwujud; oleh karena itu, tidak memiliki definisi yang objektif. Dalam beberapa kasus, kepuasan pengguna adalah satu-satunya faktor yang menentukan apakah kinerja sistem informasi dapat diterima oleh organisasi. Sebaliknya, penggunaan P-Care di Kota Jambi sering terdapat kendala seperti gangguan jaringan, server down, dan menambah beban kerja tenaga kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna P-Care. Metode : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, menggunakan desain penelitian cross sectional. Sampel penelitian sebesar 20 puskesmas, diambil secara acak 1-6 petugas tiap puskesmas. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner berdasarkan model Technology Acceptance Model (TAM).Item pertanyaan dibagi dalam lima variabel, yaitu Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Sikap Pengguna, Minat Penggunaan, dan Kepuasan pengguna. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan terdapat empat efek langsung yang signifikan, yaitu perspesi kemanfaatan terhadap sikap pengguna, persepsi kemudaahan penggunaan terhadap sikap penngguna, sikap pengguna terhadap minat penggunaan, minat penggunaan terhadap kepuasan pengguna. Kesimpulan : Kesimpulan dari penelitian ini adalah semua variabel berpengaruh signifikan. Hasil penelitian ini menyarankan kepada BPJS sebagai pihak yang berwenang mengembangkan sistem bahwa harus lebih fokus pada faktor- faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pengguna akhir sistem. Keywords : P-Care, Petugas puskesmas, Sistem informasi Kesehatan ABSTRACT Backrground : Information in health is the basis for decision making in health system development. Information management combined with technology is a basic need to increase the effectiveness and efficiency of health information systems. Recently, failure in the implementation of electronic information systems is not onlycaused by the quality of technical aspects, but also user behavior. User satisfaction is intangible; therefore, it has no objective definition. In some cases, user satisfaction is the only factor that determines whether the performance of an information system is acceptable to the organization. On the other hand, using P-Care in Jambi City often has problems such as network problems, server downtime, and increasing the workload of health workers. The aim of this research is to analyze the factors that influence P-Care user satisfaction. Methods : This research uses quantitative methods, using a cross sectional research design. The research sample was 20 community health centers, randomly selected 1-6 officers from each community health center. Data collection was carried out by distributing questionnaires based on the Technology Acceptance Model (TAM). The question items are divided into five variables, namely Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, User Attitude, Interest in Use, and User Satisfaction. The data analysis used in this research is path analysis. Result : The results of the research show that there are four significant direct effects, namely perceived usefulness on user attitudes, perceived ease of use on user attitudes, user attitudes on interest in use, interest in use on user satisfaction. Conclusion : The conclusion from this research is that all variables have a significant effect. The results of this research suggest that BPJS as the party in charge of developing the system should focus more on the factors that influence the satisfaction of end user systems. Keywords : P-Care, Community health center officers, Health information systems
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | P-Care, Petugas puskesmas, Sistem informasi Kesehatan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Khairani |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 06:33 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 06:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60027 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |