PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTS NEGERI 2 KOTA JAMBI

CANYESA, FADILLA (2024) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTS NEGERI 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (64kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (77kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (172kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI FADILLA CANYESA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN ..pdf

Download (99kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh  motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar bahasa arab siswa. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk dalam jenis  penelitian korelasi dengan respondenya yaitu kelas VIII yang berjumlah 80 responden.  Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Teknik  Pengumpulan datanya dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data  menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil: terdapat pengaruh signifikan  antara motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar bahasa arab siswa MTS Negeri  2 kota jambi. Hal tersebut dapat dilihat dari diperoleh nilai Fhitung = 86,621. Sedangkan  Ftabel = 6,97 dengan nilai signifikansi < 0,05 maka HO ditolak dan Ha diterima. Maka,  dapat diartikan bahwa Ha yang menyatakan motivasi berprestasi siswa berpengaruh  signifikan terhadap hasil belajar bahasa arab siswa diterima, dan konsekuensi HO  ditolak. Kesimpulan: Dari hasil penelitian ini bagi pendidik, diharapakan untuk lebih  memberikan motivasi kepada siswanya untuk meningkatkan motivasi berprestasi  secara terus-menerus, sehingga proses pembelajaran akan berjalan dengan baik dan  mendapatkan hasil belajar yang sesuai dengan yang diharapkan. Purpose: This research aims to find out how big the influence is  Student achievement motivation on students' Arabic language  learning outcomes. Methods: This research uses a quantitative  approach and is included in the type correlation research with  respondents, namely class VIII, totaling 80 respondents. The  sampling technique in this research used purposive sampling.  Technique The data was collected using a questionnaire. Data  analysis technique using simple linear regression analysis. Results:  there is a significant effect between student achievement motivation  and Arabic language learning outcomes for State MTS students 2  cities of Jambi. This can be seen from the obtained value of Fcount =  86.621. Whereas Ftable = 6.97 with a significance value < 0.05, so HO  is rejected and Ha is accepted. So, It can be interpreted that Ha,  which states students' achievement motivation, is influential  significant impact on students' Arabic language learning outcomes, and the consequences of HO rejected. Conclusion: From the results  of this research for educators, it is hoped that there will be more  provide motivation to students to increase achievement motivation  continuously, so that the learning process will run well and get  learning outcomes that are in line with expectations.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar, Bahasa Arab
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: Canyesa
Date Deposited: 18 Jan 2024 02:41
Last Modified: 18 Jan 2024 02:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60052

Actions (login required)

View Item View Item