CANYESA, FADILLA (2024) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTS NEGERI 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI FADILLA CANYESA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN ..pdf Download (99kB) |
Abstract
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar bahasa arab siswa. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk dalam jenis penelitian korelasi dengan respondenya yaitu kelas VIII yang berjumlah 80 responden. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Teknik Pengumpulan datanya dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil: terdapat pengaruh signifikan antara motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar bahasa arab siswa MTS Negeri 2 kota jambi. Hal tersebut dapat dilihat dari diperoleh nilai Fhitung = 86,621. Sedangkan Ftabel = 6,97 dengan nilai signifikansi < 0,05 maka HO ditolak dan Ha diterima. Maka, dapat diartikan bahwa Ha yang menyatakan motivasi berprestasi siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar bahasa arab siswa diterima, dan konsekuensi HO ditolak. Kesimpulan: Dari hasil penelitian ini bagi pendidik, diharapakan untuk lebih memberikan motivasi kepada siswanya untuk meningkatkan motivasi berprestasi secara terus-menerus, sehingga proses pembelajaran akan berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil belajar yang sesuai dengan yang diharapkan. Purpose: This research aims to find out how big the influence is Student achievement motivation on students' Arabic language learning outcomes. Methods: This research uses a quantitative approach and is included in the type correlation research with respondents, namely class VIII, totaling 80 respondents. The sampling technique in this research used purposive sampling. Technique The data was collected using a questionnaire. Data analysis technique using simple linear regression analysis. Results: there is a significant effect between student achievement motivation and Arabic language learning outcomes for State MTS students 2 cities of Jambi. This can be seen from the obtained value of Fcount = 86.621. Whereas Ftable = 6.97 with a significance value < 0.05, so HO is rejected and Ha is accepted. So, It can be interpreted that Ha, which states students' achievement motivation, is influential significant impact on students' Arabic language learning outcomes, and the consequences of HO rejected. Conclusion: From the results of this research for educators, it is hoped that there will be more provide motivation to students to increase achievement motivation continuously, so that the learning process will run well and get learning outcomes that are in line with expectations.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar, Bahasa Arab |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab |
Depositing User: | Canyesa |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 02:41 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 02:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60052 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |