Fadilah, Danni Nurul (2023) PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING KEHATI TERINTEGRASI PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK SISWA KELAS X SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (342kB) |
![]() |
Text
full skripsii.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa mobile learning KEHATI Terintegrasi Problem Based Learning pada materi keanekaragaman hayati kelas X SMA, untuk mengetahui validitas produk, dan untuk mengetahui persepsi pengguna yakni guru dan siswa. Penelitian menggunakan metode R&D (Research and Development) dan Langkah-langkah pengembangan model 4D. Tahapan model 4D diantaranya: tahapan penefinisian (define), tahapaan Perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahapan penyebaran (disseminate). Penelitian dilakukan di SMAN 11 Kota Jambi dari bulan Oktober-November 2023. Data diperoleh dari wawancara guru bidang studi biologi, angket studi pendahuluam, angket validasi ahli materi dan ahli media, serta angket persepsi guru dan siswa. data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif yang didapatkan diolah menjadi interval dengan skala likert. Produk dilakukan validasi materi dan validasi media masing masing sebanyak 2 kali. Validasi materi tahap 1 memperoleh persentase kualitas produk sebesar 55% dengan kategori “Tidak Layak”, selanjutnya validasi materi tahap 2 memperoleh persentase kualitas produk sebesar 93,33% dengan kategori “Sangat Layak”. Validasi media tahap 1 memperoleh persentase kualitas produk sebesar 65,3%% dengan kategori “Layak” dengan catatan masih perlu direvisi, selanjutnya validasi materi tahap 2 memperoleh persentase kualitas produk sebesar 90,3% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil persepsi guru diperoleh skor 89,9% dengan kategori “Sangat Layak”. Uji coba kelompok kecil siswa mendapatkan skor sebesar 94,95% dengan kategori “Sangat Layak” dan hasil uji coba kelompok besar siswa memperoleh skor 90,47% dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil penilaian yang diperoleh diketahui bahwa produk yang dikembangkan layak untuk menjadi media pembelajaran dalam pembelajaran keanekaragaman hayati.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mobile Learning, Problem Based Learning, Keanekaragaman Hayati. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Fadilah |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 04:35 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 04:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60053 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |