Yusuf, Mohamad Hafidz Luktiawan (2023) Pengembangan Buku Panduan Wisata Edukasi Biologi Danau Tangkas Kabupaten Muaro Jambi Untuk SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK UPLOD.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
COVER UPLOD.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
HALAMAN AWAL UPLOD-1-2.pdf Download (467kB) |
![]() |
Text
BAB 1 UPLOAD.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text
BAB 5 UPLOD.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
DAPUS UPLOD.pdf Download (438kB) |
![]() |
Text
HAFIDZ_HASIL REVISI PASCA SIDANG_UPLOD FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Pendidikan memiliki peran sentral dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, tidak hanya di dalam kelas, tetapi juga melalui pendekatan outdoor seperti wisata edukasi yang belum optimal karena kurangnya panduan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Buku Panduan Wisata Edukasi Biologi untuk SMA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dengan pengumpulan data secara kuantitatif dan kualitatif melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Buku panduan terbagi menjadi empat paket wisata edukasi yang terintegrasi dengan silabus biologi SMA kelas X pada kurikulum 2013 edisi revisi dan kurikulum merdeka belajar, mencakup materi seperti keanekaragaman hayati, tumbuhan, ekologi, dan perubahan iklim. Setiap materi dipandu dengan model pembelajaran berbeda, diantaranya Discovery Learning, Contextual Teaching and Learning, Group Investigation, dan Problem Based Learning. Selain itu, buku panduan juga dilengkapi dengan games outdoor dan kegiatan tambahan yang berorientasi pada kearifan lokal masyarakat Desa Tanjung Lanjut. Uji coba dilakukan pada kelompok kecil (seorang guru dan 6 siswa) serta kelompok besar (60 siswa), menghasilkan penilaian guru sebesar 95% dengan kategori sangat baik. Respon siswa pada kelompok kecil mencapai 89,7%, sementara pada kelompok besar mencapai 86,6%, keduanya dengan kategori sangat baik. Hasil ini menunjukkan bahwa buku panduan wisata edukasi biologi efektif dalam memaksimalkan potensi pembelajaran outdoor, dengan kelayakan tinggi sebagai panduan pembelajaran yang berkontribusi positif pada pengembangan kualitas pendidikan melalui pendekatan wisata edukasi
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku panduan, wisata edukasi biologi, pembelajaran outdoor |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | YUSUF |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 06:51 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 06:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60063 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |