Pengembangan Media Interaktif Ispring Suite 9 Pada Materi Harmonisasi Hak Dan Kewajiban Asasi Manusia Dalam Perspektif Pancasila Di Kelas XI TBSM SMK Negeri 6 Muaro Jambi

Susiyanti, Fitri (2023) Pengembangan Media Interaktif Ispring Suite 9 Pada Materi Harmonisasi Hak Dan Kewajiban Asasi Manusia Dalam Perspektif Pancasila Di Kelas XI TBSM SMK Negeri 6 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (88kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (284kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] Text
SKRIPSI FITRI SUSIYANTI NIM (A1A317029).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Susiyanti, Fitri: 2023. Pengembangan Media Interaktif Ispring Suite 9 Pada Materi Harmonisasi Hak Dan Kewajiban Asasi Manusia Dalam Perspektif Pancasila Di Kelas XI TBSM SMK Negeri 6 Muaro Jambi.Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan dan Sosial. Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Drs. Akmal Sutja M.Pd (II) Heri Usmanto S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Media Interaktif Ispring Suite 9, Hasil Belajar PPKn Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn yang awalnya hanya mencapai persentase 57,89%. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang diberikan guru masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Faktor menyebabkan lain rendahnya hasil belajar siswa diungkapkan pada wawancara bersama guru PPKn sebagai berikut: (1) Siswa sering sulit untuk memahami materi pembelajaran PPKn khususnya di materi harmonisasi hak dan kewajiban asasi manusia dalam perspektif pancasila, (2) siswa hanya menggunakan buku Paket dan LKPD pada saat pembelajaran, (3) guru cendrung memilih metode dan media pembelajaran yang umum saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif ispring suite 9 pada materi harmonisasi hak dan kewajiban asasi manusia dalam perspektif pancasila di kelas XI TBSM SMK Negeri 6 Muaro Jambi dan untuk mengetahui kelayakan media interaktif ispring suite 9 pada materi harmonisasi hak dan kewajiban asasi manusia dalam perspektif pancasila di kelas XI TBSM SMK Negeri 6 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development) yang merupakan suatu metode penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk tertentu. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu media pembelajaran interaktif berbasis ispring suite 9 pada materi Harmonisasi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Perspektif Pancasila. Model yang akan digunakan dalam pengembangan ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Populasi penelitian ini adalah siswa siswa kelas XI TBSM dengan jumlah 19 orang siswa. Hasil penelitian ini diperoleh, nilai dari pretest dan postest semakin meningkat, mencapai 81,57%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dibandingkan sebelum menggunakan media interaktif dan media pembelajaran interaktif menggunakan software ispring suite 9 layak dan efektif digunakan serta dapat meningkatkan hasil belajar untuk siswa kelas XI TBSM SMK Negeri 6 Muaro Jambi pada mata pelajaran PPKn materi “Harmonisasi Hak Dan Kewajiban Asasi Manusia Dalam Perspektif Pancasila. Berdasarkan hasil evaluasi secara keseluruhan pada produk media interakti menggunakan software ispring suite 9 yang telah dikembangkan menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan baik digunakan dalam pembelajaran PPKn dan mendapat respon yang sangat baik dari guru dan siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif Ispring Suite 9, Hasil Belajar PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: Susiyanti
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:09
Last Modified: 11 Jan 2024 07:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60078

Actions (login required)

View Item View Item