PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN NUMBER HEAD TOGETHER PADA MATERI SPLDV TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN SISWA

winingsih, Dwi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN NUMBER HEAD TOGETHER PADA MATERI SPLDV TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN SISWA. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Tesis Pendidikan matematik _DWI WININGSIH_P2A919031.pdf

Download (4MB)
[img] Text
cover new 1.pdf

Download (38kB)
[img] Text
lembar pengesahan dan persetujuan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
daftar pustaka sidang (1).pdf

Download (400kB)
Official URL: Https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Dwi Winingsih. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw dan Number Head Together (NHT) Pada Materi SPLDV Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Berdasarkan Tipe Kepribadian Siswa. Program Magister Pendidikan Matematika, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Jefri Marzal, M.Sc., D.I.T, (II) Dr. Dra. Nizlel Huda, M.Kes. Kata Kunci: Ekstrovert, Introvert, Jigsaw, Number Head Together, Kemampuan Berpikir Kritis. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis, siswa belum memenuhi kelima indikator tersebut. Hal ini dikarenakan siswa cenderung kurang teliti dalam penyelesaian soal matematika baik masalah kontekstual maupun masalah konseptual. Selain itu, proses pembelajaran juga dinilai belum maksimal. Sehingga perlu dilakukan pengembangan melalui inovasi pembelajaran agar siswa mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Tujuan penelitian ini adalah. (1) untuk melihat apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Jigsaw dan Number Head Together terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (2) melihat apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert dan introvert, dan (3) mengetahui interaksi antara penerapan model pembelajaran Jigsaw dan model pembelajaran Number Head Together dengan tipe kepribadian terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Desain penelitian menggunakan quasi experimental, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Merlung, dengan 1 kelas eksperimen dengan model pembelajaran jigsaw dan 1 kelas eksperimen model pembelajaran Number Head Together dan 1 kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian diuji dengan two way ANOVA, hasilnya adalah: (1) terdapat pengaruh penerapan pembelajaran Jigsaw dan Number Head Together terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (2) siswa dengan tipe kepribadian introvert memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih baik daripada siswa dengan siswa tipe kepribadian ekstrovert, (3) terdapat interaksi antara pembelajaran Jigsaw dan Number Head Together dengan tipe kepribadian siswa terhadap kemampuan berpikir kritis.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Ekstrovert, Introvert, Jigsaw, Number Head Together, Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WININGSIH
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:10
Last Modified: 12 Jan 2024 02:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60108

Actions (login required)

View Item View Item