Sobirin, Muhammad (2024) Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Pada E-Lematika Berbasis Moodle Dengan Model Flipped Classroom Menggunakan Konteks Permasalahan Sampah Pada Materi Barisan Dan Deret Kelas X Sma/Ma. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Muhammad Sobirin_Rev00_00_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Sobirin, Muhammad, 2023. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Pada E-Lematika Berbasis Moodle Dengan Model Flipped Classroom Menggunakan Konteks Permasalahan Sampah Pada Materi Barisan Dan Deret Kelas X SMA/MA. Sarjana Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Sofnidar, M. Si. (II) Ade Kumala Sari, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: Bahan Ajar, Interaktif, Konteks permasalahan sampah, Flipped Classroom, Barisan dan Deret. Materi barisan dan deret adalah salah satu materi pokok bahasan elemen bilangan pada kurikulum merdeka dan juga kurikulum 2013 yang dipelajari pada tingkat SMA/MA. Materi barisan dan deret banyak ditemukan penggunaannya dengan kehidupan sehari-hari terkait jumlah dan bunga majemuk serta dapat memprediksi suatu kejadian yang akan datang. Sayangnya materi yang sangat esensial tersebut disajikan dengan pendekatan yang berorientasi kepada konsep dan penyajian yang “hambar” di dalam kelas sehingga siswa mudah bosan saat mempelajarinya. Padahal banyak konteks yang dapat didekati dengan menggunakan konsep barisan dan deret. Dari banyaknya konteks yang dapat didekati menggunakan konsep barisan dan deret, pendekatan masalah lingkungan selalu terabaikan. Untuk itu diperlukan bahan ajar yang interaktif mengunakan konteks permasalahan sampah dengan model pembelajaran flipped classroom. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana proses dan hasil pengembagan bahan ajar interaktif serta melihat bagaimana kualitas bahan ajar interaktif yang dikembangkan menggunakan konteks permasalahan sampah dengan model flipped classroom pada materi barisan dan deret dengan kualitas minimal layak dan respon praktis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan prosedur pengembangan Alessi dan Trollip: Multimedia for Learning. Proses pengembangannya meliputi 3 tahapan, yaitu perencanaan, desain dan pengembangan. Dari penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa hasil pengembangan bahan ajar dinilai sangat layak untuk digunakan bersadarkan skor persetujuan ahli media dan ahli materi. Sementara itu, dari hasil respon guru dan siswa, bahan ajar dikatakan sangat praktis untuk digunakan dengan respon positif. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpilkan bahwa produk bahan ajar interaktif pada e-lematika berbasis moodle dengan model flipped classroom menggunakan konteks permasalahan sampah pada materi barisan dan deret kelas X SMA/MA sudah layak untuk digunakan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SOBIRIN |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 01:32 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 01:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60119 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |